PERANCANGAN RESORT DI DESA TUNUA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEMPORER

Detail Cantuman

Skripsi

PERANCANGAN RESORT DI DESA TUNUA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEMPORER

XML

ABSTRAK

PERANCANGAN RESORT DI DESA TUNUA
DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEMPORER
Oleh
Mardha Jean Christy Lolle
NIM. 130092025
KecamatanMollo Utara adalahsalahsatudaerah di Kabupaten Timor Tengah Selatan yang memilikiwisataalamkhaspegununganterbanyakdan paling seringdikunjungi. Kesejukkan alam pegunungan menjadi daya tarik terbesar bagi para wisatawan yang ingin menenangkan diri dari kehidupan perkotaan. Tempatwisataalam yang ada di KecamatanMollo Utara memilikijarak yang salingberdekatandanberadadalamsatujalurperjalanandenganCagarAlamMutis. Dengantempatwisataalamdanjumlahpengunjung, fasilitas yang mewadahiaktifitaswisatawan yang berkunjungmasihsangatterbatas. Para wisatawanbiasanyahanyamengunjungi 2 (dua) hingga 3 (tiga)tempatwisatakarenaketerbatasanwaktudantidakadanyafasilitaspenunjangsehinggapengunjungmemilihuntukkembalike Kota Soe.Sebagaisolusipermasalahan, maka perlu adanya “Perancangan Resort di Desa Tunua dengan Pendekatan Arsitektur Kontemporer”.
Konsepperancangan berdasarkan prinsip arsitekturkontemporer yang diterapkan dalam menyelesaikan permasalahan kontur dan viewadalah eksplorasi elemen lansekap area berstruktur. Sementara itu perancangan bangunan berdasarkan prinsip arsitektur kontemporer mengedepankan kebebasan dalam mengekspresikan keseluruhan massa bangunan tanpa terikat kaidah dari gaya arsitektur tertentu,sehingga lebih leluasa dalam pengolahan massa bangunan dan orientasi bangunan untuk menghasilkan kenyamanan serta view terbaik dari lokasi perancangan.
Hasilrancangandenganpendekatanarsitekturkontemporerdiantaranyaterlihatdalampenggunaanpola linear padatapak, penggunaanbukaanbesardanfasadtransparan, bentukan yang ekspresifdandinamisdanharmonisasiruangluardanruangdalam. Padaruangdalam, penguranganbatasruangdanmeminimalisirjumlahperabotuntukmemaksimalkankenyamananwisatawandalamberaktivitas.Selainituruangkegiatan di luarruangdansirkulasi yang terbukasertatingkatanketinggiankonturakanmemberikankebebasankepadawisatawandalammenikmatipemandanganalamkhaspegunungandenganbebas.
Kata kunci :DesaTunua, ArsitekturKontemporer, Resort


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1306092025
Dosen Pembimbing
RIFAT YAFET YOKTAN MAROMON - 19750101200812100 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Linda W Fanggidae - 197102272000122001 - Ketua Penguji
Dr. Drs. Simon Sudin, M.Si - 195708091987021001 - Penguji 1
Rifat Yafet Yoktan Maromon - 19750101200812100 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
23201
Edisi
Published
Departement
Arsitektur
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
232.01 Lle P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA