Skripsi
PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENUMBUH KEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS DAN DEMOKRATIS PADA PESERTA DIDIK DI SMP KRISTEN BESIKAMA
XMLRumusan Masalah 1) Bagaimana peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam menumbuh kembangkan karakter religius dan demokratis pada peserta didik di SMP Kristen Besikama? 2) Bagaimana kendala yang dialami guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam menumbuh kembangkan karakter religius dan demokratis pada peserta didik di SMP Kristen Besikama? 3) Bagaimana strategi yang digunakan guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam menumbuh kembangka karakter religius dan demokratis pada peserta didik di SMP Kristen Besikama? Ada pun Tujuan Penelitian Penelitian Adalah: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru pendidikan pancaila dan kewarganegaraan dalam menumbuh kembangkan karakter religius dan demokrati pada peserta didik di SMP Kristen Besikama 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana kendala yang dialami guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam menumbuh kembangkan karakter religius dan demokratis pada peserta didik di SMP Kristen Besikama 3) Untuk mendeskripsikan bagaimana strategi yang digunakan guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam menumbuh kembangkan karakter religius dan demokratis pada peserta didik di SMP Kristen Besikama
Penelitian ini mengunakan metode deskripstif kualitatif. Metode ini merupakan metode yang digunakan meneliti suatu objek dengan menghimpun, menggambarkan dan menganalisis data dan fakta secara menarik dalam suatu kejadian atau peristiwa. Dalam penelitian ini, peneliti berusaha memahami arti dari kejadian atau perisitiwa yang terjadi di lapangan dengan tujuan untuk mengungkapkan perisitiwa yang nyata di lapangan melalui informasi-informasi dari para informan
Hasil penelitian menunjukan peran guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam menumbuh kembangkan karakter religius dan demokratis di SMP Kristen Besikama yaitu sebagai pembimbing peserta didik, mengajarkan, membiasakan, mendorong, memberikan pemahaman, dan menjadi contoh bagi peserta didik. Kendala yang dialami yaitu faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu sikap tak peduli dan kurangnya pemahaman peserta didik, belum adanya kematangan emosi serta peserta didik yang merasa pendapatnya paling benar dan faktor eksternal yaitu pengaruh lingkungan yang tidak kondusif seperti lingkungan keluarga dan pergaulan peserta didik. Strategi yang digunakan yaitu menciptakan lingkungan yang kondusif, menjadi teladan, memotivasi, menerapkan peraturan tata tertib, memberikan pemahamn kepada peserta didik dan pembiasan peserta didik tentang karakter religius dan demokratis
Kata Kunci : Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam menumbuh Kembangkan Karakter Religius Dan Demkratis
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
METRIANA LURUK - Personal Name
|
Student ID |
2001070127
|
Dosen Pembimbing |
Thomas Kemil Masi, M.Pd - 199205302022031009 - Dosen Pembimbing 1
Fredik Lambertus Kollo, S.Pd., M.Pd - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Thomas Kemil Masi, M.Pd - 199205302022031009 - Ketua Penguji
Fredik Lambertus Kollo - 199202082022031009 - Penguji 1 Dr. Leonard Lobo,M.Kes - 195912311987021005 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.05 Lur P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |