Skripsi
PENGEMBANGAN MODUL MATERI LARUTAN ASAM BASA BERBASIS ETNOKIMIA DENGAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING SEBAGAI SUMBER BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMAN I LEWA
XMLPenelitian ini didasarkan pada adanya hubungan antar kimia dan budaya yang dipelajari dalam suatu cabang ilmu kimia yakni etnokimia, mengaitkan dengan pendekatan culturally responsive teaching. Selain itu, adanya fakta bahwa sumber belajar kimia yang dikaitkan dengan budaya belum dikembangkan di Daerah Sumba Timur, khususnya dalam lingkungan sekolah di SMAN I Lewa. Tujuan dari penelitian ini yakni, untuk mengetahui wujud hasil pengembangan modul materi larutan asam basa berbasis etnokimia dengan pendekatan culturally responsive teaching, mengetahui tingkat kevalidan, dan respon peserta tidik terhadap modul materi larutan asam basa berbasis etnokimia dengan pendekatan culturally responsive teaching. Metode yang digunakan adalah penelitian dan Pengmbangan atau Research and Development dengan model yang dikembangkan oleh Sugiyono. Model ini terdiri dari 10 tahap yakni analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk oleh 4 orang ahli materi dan 4 orang ahli media, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, produksi massal. Penelitian ini dibatasi, tidak sampai produksi massal. Susunan atau wujud modul dikembangkan dengan karakteristik etnokimia dengan pendekatan culturally responsive teaching sehingga dihasilkan modul yang berkualitas. Hasil rata-rata keseluruhan tingkat kevalidan berdasarkan ahli materi sebesar 97,99% dengan kategori sangat valid. Sedangkan hasil rata-rata keseluruhan tingkat kevalidan berdasarkan ahli media sebesar 98,57% dengan kategori sangat valid. Uji coba produk dilakukan pada 9 orang peserta didik SMAN I Lewa sebagai kelompok kecil dan uji coba kelompok besar 30 orang peserta didik SMAN I Lewa sebagai kelompok besar. Hasil persentase respon/tanggapan peserta didik pada kelompok kecil sebesar 94,73% dengan kategori sangat valid. Persentase respon/tanggapan peserta didik pada kelompok besar sebesar 94,21% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil uji kualitas modul berbasis etnokimia dengan pendekatan culturally responsive teaching, maka modul ini dinyatakan layak digunakan sebagai sumber belajar kimia.
Kata Kunci: Modul. Pengembangan Modul, Etnokimia, Pendekatan Culturally Responsive Teaching, Asam Basa, Sumber Belajar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Ardiyanto Umbu Mada - Personal Name
|
Student ID |
1901060080
|
Dosen Pembimbing |
Sudirman, S.Pd., M.Pd - 19700817 200604 1 022 - Dosen Pembimbing 1
Lolita A. M. Parera, S.Si., M.PKim - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
HERU CHRISTIANTO, S.Pd., M.Pd - - Ketua Penguji
LOLITA A. M. PARERA, S.Si., M.PKim - 19800809 201404 2 001 - 198008092014042001 - Penguji 1 Sudirman, S.Pd., M.Pd - 19700817 200604 1 022 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Kimia
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.04 Mad P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |