Tipe-Tipe Perilaku Menyimpang Dari Remaja Putus Sekolah (Studi Kasus di Kelurahan Nunleu, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Tipe-Tipe Perilaku Menyimpang Dari Remaja Putus Sekolah (Studi Kasus di Kelurahan Nunleu, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang)

XML

Judul penelitian ini: Tipe-tipe perilaku menyimpang dari remaja putus sekolah di Kelurahan Nunleu Kecamatan Kota Raja Kota Kupang. Latar belakang pada penelitian ini adalah saat ini semakin banyak perilaku menyimpang yang terjadi di kelurahan Nunleu seiring semakin banyak remaja yang putus sekolah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana tipe-tipe perilaku menyimpang dari remaja putus sekolah di Kelurahan Nunleu Kecamatan Kota Raja Kota Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tipe-tipe perilaku menyimpang dari remaja putus sekolah di Kelurahan Nunleu Kecamatan Kota Raja Kota Kupang. Teori yang digunakan adalah teori dampak menurut Bibb Latane yang menekankan bahwa efek kelompok dan difungsi tanggungjawab ini dapat memepengaruhi perilaku dalam situasi-situasi tertentu, seperti tindakan darurat. Latane menyatakan bahwa pemahaman konsep ini dapat membantu kita memahami mengapa orang mungkin bertindak ketika dibutuhkan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Analisis interaktif yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model interaktif yang terdiri dari beberapa komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 10 orang yakni 5 orang remaja putus sekolah, 4 orang tua dari remaja putus sekolah dan 1 orang tokoh pemerintah dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menujukan bahwa tipe-tipe perilaku menyimpang dari remaja putus sekolah di kelurahan Nunleu tergolong dalam tipe perilaku menyimpang kenakalan terisolir yakni remaja yang putus sekolah, menirukan kebiasaan seperti mengkonsumsi minuman beralkohol, dan berkelahi dan bentuk perilaku menyimpang tindakan anti sosial yakni remaja yang putus sekolah di kelurahan Nunleu sering melakukan tindakan yang memiliki resiko lebih tinggi untuk terlibat dalam tindakan kriminal, seperti kekerasan fisik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa putus sekolah memiliki dampak buruk pada kepribadian dan perilaku remaja. Dampak sosial pada keluarga, dan masyarakat, terjadinya perilaku yang menyimpang atau tindakan-tindakan yang melanggar nilai dan norma di kelurahan Nunleu, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang. Penulis menyarankan untuk tetap saling bekerjasama diantara pihak pemerintah, orang tua, tokoh pemerintah dan masyarakat untuk memberikan arahan dan pemahaman bagi remaja tentang arti penting pendidikan dalam mempersiapkan masa depan yang cemerlang dan berguna bagi bangsa dan negara khususnya di Kelurahan Nunleu.

Kata Kunci: Perilaku Menyimpang, Remaja, Putus Sekolah


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Venlief Leonard Manafe - Personal Name
Student ID
1803030109
Dosen Pembimbing
HERMAN YOSEP UTANG - 196602212006041001 - Dosen Pembimbing 1
Aelshtri Ndandara - 1983080120091220006 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Herman Yosep Utang - 196602212006041001 - Ketua Penguji
Aelshtri Ndandara - 1983080120091220069 - Penguji 1
Chrisistomus S. Oiladang - 196302072000031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Man T
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA