Kajian Analisis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Tingkat SMP

Detail Cantuman

Skripsi

Kajian Analisis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Tingkat SMP

XML

Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam pembelajaran matematika pada materi SPLDV di tingkat SMP. Metode yang digunakan dalam penulisan ini yaitu kajian pustaka, yang dilakukan dengan menelusuri berbagai pustaka acuan berupa buku dan artikel/jurnal.
Berdasarkan teori-teori yang dikaji, disimpulkan bahwa Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang meliputi proses berpikir kritis, kreatif, logis, reflektif, dan metakognitif. HOTS dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi SPLDV dapat dikatakan masih tergolong rendah dikarenakan siswa kesulitan membuat model matematika untuk menyelesaikan soal cerita pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) yang membutuhkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) baik itu kesulitan mengubah soal cerita kedalam kalimat matematika maupun kesulitan melakukan operasi aljabar dengan menggunakan metode eliminasi. Dalam meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) diperlukan perangkat pembelajaran yang meliputi: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, LKPD, dan Instrument Evaluasi yang berbasis HOTS dengan pemilihan strategi/model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) yaitu dengan melalui pendekatan pembelajaran yang berbasis masalah atau dikenal dengan model Problem Base Learning. Adapun langkah-langkah Problem Base Learning dalam pembelajaran berbasis masalah meliputi: Fase (1); Orientasi siswa pada masalah, fase (2); Mengorganisasi siswa untuk belajar. Fase (3); Membimbing penyelidikan siswa. Fase (4); Mengembangkan dan menyajikan hasil karya. Fase (5); Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan
Kata Kunci : Higher Order Thinking Skill (HOTS), Pembelajaran SPLDV


Detail Information

Item Type
Penulis
Yohanes Mpedok - Personal Name
Student ID
1601030028
Dosen Pembimbing
KRISNANDARI EKOWATI - 196409171990032001 - Dosen Pembimbing 1
Siprianus S. Garak - 196512311992031027 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Siprianus S. Garak - 196512311992031027 - Penguji 1
Magdalena Wangge, M.Pd - 19930315 201903 2 026 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 MPE K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA