Manajemen Sampah Di Kelurahan Kayu Putih Kecamatan Oebobo Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Manajemen Sampah Di Kelurahan Kayu Putih Kecamatan Oebobo Kota Kupang

XML

Sampah adalah bahan yang dibuang dari kegiatan rumah tangga dan tidak memiliki nilai guna. Sampah telah menjadi masalah secara umum yang terjadi di kota-kota besar Indonesia. Mulai dari pembuangan sampah yang tidak pada tempatnya, permasalahan pengangkutan, hingga masalah di tempat pembuangan akhir sampah. Guna mengurangi volume sampah, sangat diharapkan peran masyarakat untuk memisahkan sampah organik dan non-organik. Sehingga solusi atas permasalahan sampah pun dapat ditangani dengan mudah. Salah satu kontribusi dan kepedulian terhadap sampah ini diwujudkan oleh masyarakat dengan adanya kepedulian terhadap pengelolaan sampah dengan baik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi apa yang dilakukan oleh pihak Kelurahan terhadap peningkatan sumber daya di Kelurahan Kayu Putih Kecamatan Oebobo Kota Kupang untuk mengelola sampah dengan baik sehingga permasalahan sampah dapat diatasi dengan cukup baik
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Metode deskriptif dipilih karena penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dan mengungkapkan strategi atau program pemberdayaan yang sedang berlangsung di Kelurahan Kayu Putih Jenis data dalam penelitian ini adalah jenis data kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi pihak Kelurahan terhadap peningkatan sumber daya lingkungan di Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu: sosialisasi kepada masyarakat, mengelola sampah,. Adapun program-program yang dilakukan Oleh pihak Kelurahan Kayu Putih adalah program daur ulang sampah rumah tangga dan program pengolahan sampah dapur Sedangkan Manfaat yang dirasakan oleh masyarakat setempat ialah dapat mengetahui cara pengelolaan sampah yang baik serta lingkungan yang baikvdan sehat untuk kehidupan berkeluarga. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kontribusi Pihak Kelurahan Kayu Putih terhadap peningkatan sumber daya dalam mengelola sampah sudah baik. Tetapi kontribusi dari masyarakat itu sendiri yang masih minim karena kurangnya rasa kesadaran masing – masing sehingga program pengelolaan sampah yang ada di Keluraham Kayu putih tidak berjalan dengan baik Hal ini terlihat dari kondisimasyarakat yang enggan melakukan pengelolaan sampah secara mandiri .

Kata kunci : Manajemen sampah


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
SULAIMAN M. ATANGGAE - Personal Name
Student ID
1903010173
Dosen Pembimbing
WILLIAM DJANI - 196410141989011001 - Dosen Pembimbing 1
MADE NGURAH DEMI ANDAYANA - 197010292009121001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
William Djani - 196410141989011001 - Ketua Penguji
Made Ngurah Demi Andayana - 197010292009121001 - Penguji 1
Alfred O. Ena Mau - 198104272006041002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 ATA M
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA