Gambaran Kepuasan Pasien Bpjs Terhadap Mutu Pelayanan Rawat Inap Di RSUD Baa Kabupaten Rote Ndao Tahun 2023

Detail Cantuman

Skripsi

Gambaran Kepuasan Pasien Bpjs Terhadap Mutu Pelayanan Rawat Inap Di RSUD Baa Kabupaten Rote Ndao Tahun 2023

XML

Pada pelayanan kesehatan di rumah sakit, kepuasan pasien merupakan salah satu indikator dalam mengukur sejauh mana pelayanan kesehatan yang diberikan oleh rumah sakit. Salah satu pengguna jasa pelayanan kesehatan adalah peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan banyak pasien pengguna BPJS merasa kurang puas dengan pelayanan yang diberikan rumah sakit. Ada lima faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien, diantaranya kehandalan, ketanggapan, bukti langsung, jaminan, dan empati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien BPJS terhadap mutu pelayanan rawat inap di RSUD Baa Kabupaten Rote Ndao Tahun 2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat umum yang memiliki BPJS di ruang rawat inap RSUD Baa sebanyak 1.138 pasien dan sampel berjumlah 89 pasien diperoleh teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan cara wawancara menggunakan kuesioner dengan analisis data univariat. Hasil penelitian menggambarkan bahwa pasien BPJS rawat inap di RSUD Baa Kabupaten Rote Ndao merasa puas terhadap pelayanan kesehatan dalam dimensi kehandalan sebesar 74,4%, dimensi daya tanggap sebesar 87,6%, dimensi jaminan sebesar76,4%, dimensi kepedulian sebesar 78,7%, dan dimensi bukti fisik sebesar 58,4%. Pihak rumah sakit perlu menindaklanjuti pelayanan kesehatan di rumah sakit terutama pada dimensi bukti fisik. Pihak rumah harus memperbaiki pelayanan yang belum maksimal seperti memperhatikan kebersihan dan kenyamanan dari setiap ruangan rawat inap sehingga pasien terus merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.

Kata kunci : Kepuasan, BPJS, Rawat Inap, Pasien


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MILKA ROSANTI BAILAO - Personal Name
Student ID
1707010206
Dosen Pembimbing
MASRIDA SINAGA - 197706162001122001 - Dosen Pembimbing 1
KENJAM YOSEPH - 195902271986011001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Masrida Sinaga - 197706162001122001 - Ketua Penguji
Kenjam Yoseph - 195902271986011001 - Penguji 1
Rina Waty Sirait - 198008202005012002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
13101
Edisi
Published
Departement
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
132.01 BAI G
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA