Analisis Hegemoni Laki-Laki Terhadap Perempuan Dalam Kawin Tangkap (Studi Di Desa Rewa Rara, Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat)

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Hegemoni Laki-Laki Terhadap Perempuan Dalam Kawin Tangkap (Studi Di Desa Rewa Rara, Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat)

XML

Penelitian ini menggunakan teori hegemoni Antonio Gramsci yakni dominasi, sebuah kelompok sosial tersebut menjadi dominan ketika dia mempraktekkan kekuasaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, subjek dalam penelitian ini terdiri dari dua orang tokoh adat, satu orang pelaku kawin tangkap, satu orang korban kawin tangkap, satu orang dari pemerintah Desa, satu orang dari pemerintah Kecamatan. Metode yang digunakan yaitu metode wawancara, dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa menunjukkan untuk mengetahui tentang analisis dominasi kawin tangkap yang terjadi antara laki-laki dan perempuan. Adapun hegemoni laki-laki terhadap perempuan dalam penelitian ini adalah sebuah proses perkawinan yang dilakukan secara paksa kawin tangkap dilakukan dengan cara pengantin perempuan diculik untuk dijadikan istri, baik itu dengan persetujuan pihak keluarga dan tanpa persetujuan keluarga. Pihak yang menjadi korban dalam hal ini adalah perempuan karena keputusannya sama sekali tidak didengarkan. Dalam kebiasaan laki-laki di Kecamatan Wanokaka sering kali memakai kekuasaan untuk mendominasi perempuan dalam kawin tangkap dimana laki-laki memakai cara untuk menangkap perempuan dalam kawin tangkap (palaiidi mawinni).

Kata Kunci: Hegemoni, Laki-Laki Terhadap Perempuan, Kawin Tangkap


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MELPIANUS ADI GAHA - Personal Name
Student ID
1803040040
Dosen Pembimbing
RUDI ROHI - 197709142008121001 - Dosen Pembimbing 1
Frans W. Muskanan - 8886423419 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Rudi Rohi - 197709142008121001 - Ketua Penguji
Frans W. Muskanan - 8886423149 - Penguji 1
Alfridus S. D. Dari - 198403112014041001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01 GAH A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA