Skripsi
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI METODE LATIHAN TERBIMBING SISWA KELAS VIII SMP ADHYAKSA KOTA KUPANG
XMLPenelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi karena pentingnya perhatian terhadap kemampuan siswa dalam menulis puisi yang masih rendah dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan masih belum efektif, sehingga peneliti memilih metode latihan terbimbing sebagai metode yang dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII SMP Adyaksa Kota Kupang dalam pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode latihan terbimbing. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data penelitian ini adalah data deskriptif yang berupa hasil puisi siswa, ungkapan, pernyataan, kata-kata tertulis, nilai hasil menulis puisi siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan, tempat, peristiwa dan dokumen. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode latihan terbimbing dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi. Keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi pada siklus I rata-rata yang diperoleh sebesar 70,31 kemudian pada siklus II kemampuan menulis puisi siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata yang diperoleh sebesar 83,31.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Alvandi Markus Mehiwarleky - Personal Name
|
Student ID |
1901010117
|
Dosen Pembimbing |
Jeladu Kosmas - 19581231 198903 1 011 - Dosen Pembimbing 1
Dr. Karolus Budiman Jama, S.Pd.,M.Pd-19790610 200812 1 001 - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
JELADU KOSAMAS - 195812311989031011 - Ketua Penguji
Dr.Karolus Budiman Jama, M.Pd - 197906102008121001 - Penguji 1 Semuel Hajai Nitbani - 196105021989031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
88201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
882.01 Meh P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |