Dampak Konsumsi Moke Terhadap Perilaku Generasi Muda (Studi Kasus di Desa Nelle Urung, Kecamatan Nelle, Kabupaten Sikka)

Detail Cantuman

Skripsi

Dampak Konsumsi Moke Terhadap Perilaku Generasi Muda (Studi Kasus di Desa Nelle Urung, Kecamatan Nelle, Kabupaten Sikka)

XML

Tumbuh kembang perilaku manusia dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu faktor lingkungan. Lingkungan Desa Nelle Urung yang merupakan salah satu wilayah penghasil moke di Kabupaten Sikka tentunya memiliki pengaruh terhadap perkembangan perilaku generasi muda. Hal ini dikarenakan moke merupakan minuman keras tradisional yang apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan pengonsumsi mabuk dan kehilangan kontrol untuk diri sendiri. Dengan hidup di wilayah penghasil moke, generasi muda Desa Nelle Urung memiliki tingkat konsumsi yang khusus dalam mengkonsumsi moke. Dengan demikian, peneliti berasumsi hal tersebut mempengaruhi perkembangan perilaku generasi muda Desa Nelle Urung. Tujuan penelitian ini yaitu : untuk mengetahui dampak dari konsumsi moke terhadap perilaku generasi muda Desa Nelle Urung. Penelitian ini menggunakan teori perilaku sosial behavioristik B.F. Skinner. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Teknik penentuan informan dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah informan sebanyak 11 orang. Sumber data yang diperoleh adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1).Tingkat konsumsi moke generasi muda Desa Nelle Urung sangat tinggi, (2). Tingginya konsumsi moke pada generasi muda Desa Nelle Urung dipengaruhi oleh faktor lingkungan, (3). Terdapat dua kelompok generasi muda yang masing-masingnya mengambil tindakan yang berbeda saat dalam kondisi mabuk. Kelompok pertama adalah kelompok pemuda yang jika dalam kondisi mabuk tidak melakuka tindakan berbahaya atau merugikan. Kelompok kedua adalah pemuda yang dalam kondisi mabuk sering melakukan tindakan yang merugikan diri sendiri maupun pihak lain, (4). Dampak konsumsi moke terhadap perilaku generasi muda Desa Nelle urung lebih dominan ke arah negatif, yakni merangsang pembentukan berbagai perilaku menyimpang, seperti perilaku emosional, mempengaruhi perilaku kognitif dan perilaku sosial, memicu perilaku agresif dan perilak seksual, serta menimbulkan perilaku criminal, (5). Dampak positif yang terlihat dari konsumsi moke terhadap perilaku generasi muda Desa Nelle Urung adalah memicu timbulnya rasa percaya diri, sehingga mempermudah kaum generasi muda ketika bersosialisasi di lingkungan masyarakat.

Kata kunci : Moke, Perilaku, Generasi Muda


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Alberto Bertolomeus Raru - Personal Name
Student ID
1903030009
Dosen Pembimbing
JOSEP EMANUEL JELAHUT - 196412241992031003 - Dosen Pembimbing 1
LENNY SOFIA BIRE MANOE - 198009152005012003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Josep Emanuel Jelahut - 196412241992031003 - Ketua Penguji
Lenny Sofia Bire Manoe - 198009152005012003 - Penguji 1
Aelshtri Ndandara - 1983080120091220069 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Rar D
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA