PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN POWERPOINT DAN I-SPRING SUITE PADA MATERI EKSPONEN KELAS X SMA NEGERI 4 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN POWERPOINT DAN I-SPRING SUITE PADA MATERI EKSPONEN KELAS X SMA NEGERI 4 KUPANG

XML

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Android Menggunakan Powerpoint dan I-Spring Suite pada Materi Eksponen Kelas X SMA Negeri 4 Kupang
Anggraini Mersion Ngongo (1901030086), Pembimbing I, Dr. Siprianus S. Garak, M.Sc.; Pembimbing II, Yohanes H. Nada, M.Pd.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah menuntun kita untuk dapat lebih aktif menggunakan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan, baik dalam bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, seni bahkan dalam bidang pendidikan. Dunia pendidikan perlu meningkatkan kemajuan terhadap bahan ajar melalui inovasi-inovasi teknologi. Penggunaan bahan ajar berbasis android merupakan salah satu inovasi pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika berbasis android yang valid, praktis, dan efektif menggunakan Powerpoint dan Ispring Suite pada materi eksponen kelas X SMA Negeri 4 Kupang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: analisis (analysis); desain (design); dan pengembangan (development); implementasi (implementation); dan evaluasi (evaluation). Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa bahan ajar berbasis android pada materi eksponen memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Hasil kelayakan bahan ajar diperoleh dari penilaian 3 orang ahli materi dengan rata-rata kevalidan 4.56 dan termasuk kategori “valid”. Untuk aspek kepraktisan, respon bahan ajar oleh guru dengan rata-rata hasil respon 4.2, respon dari peserta didik kelas kecil adalah 4.7 dan kelas besar adalah 4.48 sehingga termasuk dalam kategori “praktis”. Untuk kriteria keefektifan, persentase hasil ketuntasan belajar kelas kecil diperoleh 100% dan kelas besar diperoleh hasil ketuntasan kelas 69.44% sehingga Bahan ajar dikategorikan “efektif”. Dengan demikian, Bahan ajar yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif.


Kata Kunci: Android, Powerpoint, I-Spring Suite.


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Anggraini Mersion Ngongo - Personal Name
Student ID
1901030086
Dosen Pembimbing
Dr. Siprianus Suban Garak, M.Sc - - Dosen Pembimbing 1
Yohanes Hariaman Nada, M.Pd - 19920810 202203 1 005 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Imelda H. E. Rimo, M.Pd - - Ketua Penguji
Dr. Siprianus Suban Garak, M.Sc - 19651231 199203 1 027 - Penguji 1
Yohanes Hariaman Nada, M.Pd - 19920810 202203 1 005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Ngo M
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA