Strategi Pengembangan Pariwisata Pemandian Air Panas Mengeruda Untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Studi Kasus Dinas Pariwisata Kabupaten Ngada)

Detail Cantuman

Skripsi

Strategi Pengembangan Pariwisata Pemandian Air Panas Mengeruda Untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Studi Kasus Dinas Pariwisata Kabupaten Ngada)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi Dinas Pariwisata dalam mengembangkan pariwisata Pemandian Air Panas Mengeruda sehingga mampu mendukung peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Ngada. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan obsevarsi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Teknik Analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pemandian Air Panas Mengeurda memiliki daya tarik wisata alam yang cukup besar. Terdapat faktor internal yang meliputi kekuatan dan kelemahan serta faktor eksternal yang meliputi peluang dan ancaman dalam pengembangan pariwisata. Wisata ini memiliki kekuatan berupa objek pariwisata alam dengan ciri khas air panas alami, memiliki kolam pemandian dengan tingkatan suhu berbeda, kawasan wisata yang luas serta akses menuju lokasi wisata cukup mudah dijangkau. Sedangkan kelemahan dari wisata ini adalah minimnya perawatan terhadap fasilitas yang ada dan minimnya promosi. Dengan kekuatan yang dimiliki wisata ini mampu menarik lebih banyak wisatawan sehingga dapat berkonribusi meningkatkan PAD, namun wisata ini tidak terlepas dari ancaman berupa persaingan dengan wisata sejenis yang sedang dikembangakan di Kabupaten lain. Oleh karena itu, kekuatan yang dimiliki harus dioptimalkan untuk meminimalisir kelemahan serta memanfaatkan peluang untuk mengatasi ancaman demi keberlangsungan pengembangan pariwisata Pemandian Air Panas Mengeruda yang lebih baik kedepannya.

Kata Kunci: Strategi, pengembangan objek wisata, PAD, analisis SWOT


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
BEATRIX SONIA MILO - Personal Name
Student ID
1903010059
Dosen Pembimbing
JENY JACOBA THERIK - 196206061988032003 - Dosen Pembimbing 1
CATARYN V ADAM - 196804042000032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Jeny Jacoba Therik - 196206061988032003 - Ketua Penguji
Cataryn V Adam - 196804042000032001 - Penguji 1
Jacoba Daud Niga - 196004061987022001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 MIL S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA