Skripsi
PENGARUH PENERAPAN MEDIA SIMULASI PhET MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEKANAN HIDROSTATIS KELAS XI SMA NEGERI 4 KOTA KOMBA
XMLPenelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pra-eksperimen. Desain yang di gunakan dalam penelitian ini adalah one grup pretest-posttest design yang di lakukan di kelas XI IPA SMA Negeri 4 Kota Komba pada tahun ajaran 2023/2024 dengan menggunakan instrumen berupa soal tes pilihan ganda pada materi tekanan hidrostatis. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peningkatan hasil belajar siswa yang di ajarkan dengan menerapkan media simulasiphysics education technology. Teknik analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan program SPSS dengan melakukan pengujian normalitas, linearitas, uji regresi linear sederhana dan uji t.
Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah di lakukan dengan menggunakan ststistik uji t di dapat t hitung adalah 3,107. Dengan derajat bebas = 20 pada taraf signifikan 5% atau α = 0,05 maka dari tabel distribusi t di ditemukan t tabel sebesar 1,725 dimana t hitung > t tabel yaitu 3,107 > 1,725. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media simulasi PhET pada materi tekanan hidrostatis di kelas XI telah terbukti berhasil meningkatkan hasil belajar siswa.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Rensilia Ursula Kontesa Daong - Personal Name
|
Student ID |
1901050066
|
Dosen Pembimbing |
ANTONIUS SUBAN HALI - 197809172009121004 - Dosen Pembimbing 1
I Wayan Sukarjita - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Vinsensius Lantik - 197901292008121001 - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.03 Dao P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |