Identifikasi dan Perbandingan Senyawa Metabolit Sekunder pada Fraksi Petroleum Eter, Fraksi Etil Asetat dan Fraksi etanol Daun Kelor (Moringa Oliefera L)

Detail Cantuman

Skripsi

Identifikasi dan Perbandingan Senyawa Metabolit Sekunder pada Fraksi Petroleum Eter, Fraksi Etil Asetat dan Fraksi etanol Daun Kelor (Moringa Oliefera L)

XML

Indonesia memiliki kekayaan alam yang cukup melimpah yang tersebar dari ujung barat hingga ujung timur. Salah satu kekayaan alam tersebut berupa tanaman obat yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber obat tradisional.Tanaman kelor (Moringa oleifera L.) merupakan salah satu tanaman obat yang memiliki khasiat sebagai antidiabetes dan antioksidan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui golongan senyawa kimia yang terkandung dalam daun kelor dan membandingkan senyawa metabolit sekunder dari fraksi petroluem eter, fraksi etil asetat dan fraksi etanol. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah daun kelor yang diperoleh di wilayah KotaKupang, Oesapa. Daun kelor terlebih dahulu diekstraksi dengan menggunakan pelarut metanol, kemudian dilakukan proses fraksinasi dengan tiga pelarut berbeda, selanjutnya dilakukan uji fitokimia untuk mendeteksi adanya senyawa metabolit sekunder. Data yang diperoleh dianalisa secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak metanol daun kelor (Moringa oleifera L.). Pada uji fitokimia fraksi etanol lebih banyak mengandung golongan senyawa metabolit sekunder dibandingkan dengan fraksi etil asetat dan fraksi petroleum eter. Dimana fraksi etanol mengandung senyawa metabolit sekunder golongan alkaloid, flavonoid, fenol, steroid, dan saponin. Fraksi etil asetat mengandung senyawa golongan alkaloid, fenol dan flavonoid dan fraksi petroleum eter mengandung senyawa golongan alkaloid dan steroid.
Kata Kunci : daun kelor, ekstraksi, fraksi, identifikasi fitokimia


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1401060036
Dosen Pembimbing
I GUSTI MADE NGURAH BUDIANA - 197107231998021001 - Dosen Pembimbing 1
JASMAN - 196906111994031001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
THEO M. DA CUNHA - 195703271987021001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Kimia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.04 MER I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA