Skripsi
Kreativitas Dan Prestasi Belajar Matematika (Studi Perbandingan pada Siswa Kelas V SDN Beumopu dan SDN Tuak Daun Merah Kota Kupang)
XMLSalah satu aspek yang dapat mendorong siswa agar dapat berprestasi dalam pendidikan adalah kreativitas. Kemampuan berpikir kreatif perlu dikembangkan di sekolah karena salah satu tujuan dari sistem pendidikan adalah untuk mendorong siswa menjadi kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kreativitas dan prestasi belajar Matematika antara siswa kelas V SDN Beumopu dan SDN Tuak Daun Merah. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Kreativitas diukur dengan menggunakan tes kreatifitas figural yang dibuat oleh Munandar dengan dasar Teori Kreativitas E.P Torrance dan prestasi belajar diukur dengan melihat nilai rapor Matematika siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa SDN Beumopu dan 30 siswa SDN Tuak Daun Merah. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kreativitas dan prestasi belajar Matematika siswa kelas V SDN Beumopu dan SDN Tuak Daun Merah dengan nilai signifikansi < 0,001. Kreativitas SDN Beumopu lebih tinggi dari SDN Tuak Daun Merah dengan nilai mean 108 > 106 sedangkan prestasi belajar Matematika siswa SDN Beumopu lebih rendah dari SDN Tuak Daun Merah dengan nilai mean 77,3 < 80,6.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
GRACE MIRELL SMAUT - Personal Name
|
Student ID |
1907020105
|
Dosen Pembimbing |
Mariana Dinah Ch - 197006151997022012 - Dosen Pembimbing 1
Shela Christine Pello - 8830523419 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Mariana Dinah Ch Lerik - - Ketua Penguji
Shela C. Pello - - - Penguji 1 Imelda F. E. Manurung - 197902202008012012 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
73201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Psikologi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
732.01 SMA K
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |