Kreativitas Dan Prestasi Belajar Matematika (Studi Perbandingan pada Siswa Kelas V SDN Beumopu dan SDN Tuak Daun Merah Kota Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Kreativitas Dan Prestasi Belajar Matematika (Studi Perbandingan pada Siswa Kelas V SDN Beumopu dan SDN Tuak Daun Merah Kota Kupang)

XML

Salah satu aspek yang dapat mendorong siswa agar dapat berprestasi dalam pendidikan adalah kreativitas. Kemampuan berpikir kreatif perlu dikembangkan di sekolah karena salah satu tujuan dari sistem pendidikan adalah untuk mendorong siswa menjadi kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kreativitas dan prestasi belajar Matematika antara siswa kelas V SDN Beumopu dan SDN Tuak Daun Merah. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Kreativitas diukur dengan menggunakan tes kreatifitas figural yang dibuat oleh Munandar dengan dasar Teori Kreativitas E.P Torrance dan prestasi belajar diukur dengan melihat nilai rapor Matematika siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa SDN Beumopu dan 30 siswa SDN Tuak Daun Merah. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kreativitas dan prestasi belajar Matematika siswa kelas V SDN Beumopu dan SDN Tuak Daun Merah dengan nilai signifikansi < 0,001. Kreativitas SDN Beumopu lebih tinggi dari SDN Tuak Daun Merah dengan nilai mean 108 > 106 sedangkan prestasi belajar Matematika siswa SDN Beumopu lebih rendah dari SDN Tuak Daun Merah dengan nilai mean 77,3 < 80,6.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
GRACE MIRELL SMAUT - Personal Name
Student ID
1907020105
Dosen Pembimbing
Mariana Dinah Ch - 197006151997022012 - Dosen Pembimbing 1
Shela Christine Pello - 8830523419 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Mariana Dinah Ch Lerik - - Ketua Penguji
Shela C. Pello - - - Penguji 1
Imelda F. E. Manurung - 197902202008012012 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
73201
Edisi
Published
Departement
Psikologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
732.01 SMA K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA