Peran Pemerintah Daerah Dalam Pelestarian Situs Sejarah Dalam Rangka Mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (Studi Kasus Di Taman Renungan Bung Karno Kabupaten Ende)

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Pemerintah Daerah Dalam Pelestarian Situs Sejarah Dalam Rangka Mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (Studi Kasus Di Taman Renungan Bung Karno Kabupaten Ende)

XML

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran aktif dari pemerintah daerah dalam pelestarian situs sejarah dalam rangka mengoptimalkan pendapatan asli daerah dan faktor apa saja yang menghambat pemerintah daerah dalam pelestarian Taman Renungan Bung Karno sebagai wisata sejarah di Kabupaten Ende. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Taman Renungan Bung Karno Kabupaten Ende. Dari hasil peneltian yang dilakukan oleh peneliti berdasarkan 3 kriteria yang dikemukakan oleh Pitana & Gayatri yaitu motivator, dalam hal ini peran pemerintah sebagai motivator adalah promosi wisata dan menyediakan informasi dan pengetahuan mengenai Taman Renungan Bung Karno. Dari segi fasilitator yaitu peran Pemerintah dalam penyediaan sarana prasarana dan memperbaiki fasilitas yang rusak. Sedangkan dinamisator yaitu peran pemerintah dalam memberikan pengarahan melalui seminar, melakukan Sosialisasi tentang pentingnya pelestarian, dan meningkatkan pengawasan terhadap Taman Renungan Bung Karno. Kesimpulan yang diambil dari penelitian ini bahwa peran pemerintah sangat penting dalam pelestarian taman renungan bung karno ini. Meskipun promosi telah dilakukan dengan berbagai cara, informasi tentang wisata sejarah tersebut masih terbatas dalam penyebarannya. Upaya sosialisasi dan kegiatan pendidikan seperti “merdeka belajar” ini belum optimal. Peran pemerintah daerah dalam menyediakan sarana prasarana belum sepenuhnya optimal. Terdapat kekurangan sarana prasarana seperti MCK dan minimnya tempat sampah yang ada dan dalam memperbaiki fasilitas yang rusak belum sepenuhnya optimal dikarenakan keterbatasan dana. Memberikan pengarahan melalui seminar belum optimal, belum dilaksanakan program khusus untuk melakukan sosialisasi mengenai pelestarian, dan keamanan di Taman Renungan Bung Karno belum dapat terjamin pada malam hari. Dari kesimpulan diatas peneliti menarik saran bahwa dari segi Motivator, pemerintah harus lebih aktif lagi dalam melakukan inovasi baik secara infrastruktur maupun kreatifitas dalam pemasaran digital serta layanan menarik untuk melakukan promosi wisata dan penyebaran informasi terkait Taman Renungan Bung Karno. Dari segi Fasilitator, pemerintah harus menyediakan sarana prasarana pendukung seperti MCK yang menjadi kebutuhan vital wisatawan. Selain itu juga perlu diperbaiki kembali beberapa fasilitas pendukung yang ada di taman. Sedangkan dari segi Dinamisator, pemerintah harus melakukan atau mengadakan kegiatan/program seperti seminar dan sosialisasi tentang pentingnya pelestarian. Selain itu juga pemerintah harus lebih memperketat lagi pengawasan di taman sehingga keamanan situs sejarah tetap terjaga.

Kata kunci: Peran, Pelestarian situs sejarah, Pengoptimalan PAD


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2003010039
Dosen Pembimbing
PETRUS KASE - 196208091988031002 - Dosen Pembimbing 1
UMBU TAY W PARIANGU - 197812202006041002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Kase - 196208091988031002 - Ketua Penguji
Umbu Tay W Pariangu - 197812202006041002 - Penguji 1
Hendrik Toda - 198312042009121005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 LEW P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA