Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EARTHCOMMPADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL SISWA DI SMA NEGERI 2 KOTA KUPANG
XMLTujuan sdalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pemblajaran Earth Science
Community (EarthComm) pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir spasial siswa Di
SMA Negeri 2 Kota Kupang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif, metode yang
digunakan yaitu quasi eksperimental dengan bentuk desain penelitian yaitu Nonequivalent Control Grup
Design. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI IPS dengan teknik pengambilan
sampel menggunakan teknik Sampling jenuh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas
eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Diketahui bahwa nilai rata-rata kelas kontrol yakni 69,57 dan
kelas eksperimen yakni 75,86 sehingga terdapat perbedaan antara keduanya. Berdasarkan hasil analisis data
uji Independen Sample T-Test terdapat pengaruh model pembelajaran Earth Science System in The
Community (EarthComm) pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir spasial siswa
dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Model pembelajaran
EarthComm disarankan untuk dijadikan variasi pembelajaran guru dalam penerapan model pembelejaran.
Model ini juga dapat dikembangkan oleh peneliti lain dengan menambah variabel moderator atau media lain.
Kata Kunci: Earth Science Community (EarthComm),Kemampuan Berpikir Spasial
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Maria Vatima Tibhi - Personal Name
|
Student ID |
1901100025
|
Dosen Pembimbing |
Hamza H. Wulakada - 198107032009121002 - Dosen Pembimbing 1
Sunimbar - 198901012019032025 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Hamza H Wulakada - 198107032009121002 - Ketua Penguji
Agustinus Hale Manek - 19920828202231009 - Penguji 1 Sunimbar - 19890101201903025 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Geografi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872. 02 Bhi P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |