HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 2 SULAMU

Detail Cantuman

Skripsi

HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 2 SULAMU

XML

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1). Untuk mengetahui hubungan lingkungan belajar
dengan hasil belajar geografi kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Sulamu. 2). Untuk mengetahui
hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar geografi kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Sulamu.
3). Untuk mengetahui hubungan lingkungan belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar
geografi terhadap peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Sulamu. Penelitian ini merupakan
penelitian korelatif (hubungan) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Sulamu yang berjumlah 84 murid. Sampel dalam
penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 SMA Negeri 2 Sulamu yang berjumlah 43
murid. Berdasarkan pedoman derajat hubungan dimana untuk variabel lingkungan belajar dengan
variabel hasil belajar memiliki nilai korelasi sebesar 0,350 nilai tersebut berada diantara nilai 0,20-
0,399 dimana tingkat hubungan kedua variabel lingkungan belajar dengan variabel hasil belajar
yaitu lemah. Sedangkan variabel motivasi belajar dengan variabel hasil belajar dimana nilai
korelasi koefisien sebesar 0,51 nilai tersebut berada di antara nilai 0,00-0,199 maka bisa diartikan
tingkah hubungan kedua variabel variabel motivasi belajar dengan variabel hasil belajar yaitu
sangat lemah. Berdasarkan uji normalitas korelasi untuk variabel lingkungan belajar memiliki nilai
sig. (2-tailed) 0,039 0,05 maka dapat disimpulkan variabel lingkungan belajar memiliki hubungan
secara signifikan terhadap variabel hasil belajar, sedangkan untuk variabel motivasi belajar
memiliki nilai sig. (2-tailed) 0,4010,05 maka dapat disimpulkan variabel motivasi belajar tidak
memiliki hubungan secara signifikan terhadap variabel hasil belajar.
Kata Kunci: Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Semry Aryanto Peul - Personal Name
Student ID
1901100140
Dosen Pembimbing
Sunimbar - 198901012019032025 - Dosen Pembimbing 1
Muhammad Husain Hasan - 198806022019031012 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Sunimbar - 19890101201903025 - Ketua Penguji
Sukmawati - 19890917 202203 2 006 - Penguji 1
Muhammad Husain Hasan - 198806022019031012 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Geografi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872. 02 Peu H
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA