PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BUDIDAYA TANAMAN JAHE MERAH (Studi kasus di Desa Watunay Kecamatan Golewa Barat Kabupaten Ngada)

Detail Cantuman

Skripsi

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BUDIDAYA TANAMAN JAHE MERAH (Studi kasus di Desa Watunay Kecamatan Golewa Barat Kabupaten Ngada)

XML

Pemberdayaan masyarakat melalui budidaya tanaman jahe merah di Desa Watunay Kecamatan Golewa Barat Kabupaten Ngada merupakan program
pemberdayaan yang bertujuan membantu masyarakat meningkatkan ekonomi dan bangkit dari keterpurukan ekonomi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan masyarakat melalui budidaya tanaman jahe merah di Desa Watunay Kecamatan Golewa Barat Kabupaten Ngada. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa program pemberdayaan masyarakat melalui budidaya tanaman jahe merah di Desa Watunay terdapat upaya untuk menciptakan suasana atau iklim yang memungkinkan masyarakat berkembang (Enabling) dengan memberikan dorongan kepada masyarakat berupa penyediaan dana, upaya pendampingan dan mengadakan kegiatan, serta memberikan motivasi. Namun belum ada upaya memperkuat potensi yang sudah dimiliki (Empowering) berupa penyedian sarana dan pasar. Program pemberdayaan masyarakat melalui budidaya tanaman jahe merah di desa watunay juga melakukan upaya perlindungan terhadap masyarakat berekonomi lemah (Protecting) dengan memprioritaskan masyarakat lemah. Dalam program pemberdayaan masyarakat melalui budidaya jahe merah di Desa Watunay ini masih belum bisa membantu masyarakat meningkatkan ekonomi karena belum memberikan dampak yang signifikan terhadap ekonomi masyarakat.
Kata Kunci: Pemberdayaan, Jahe Merah.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1701170033
Dosen Pembimbing
ABDUL SYUKUR - 198011162008121001 - Dosen Pembimbing 1
Frans K. Selly - 0809028701 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Rongky Famdale - 197604042008121001 - Ketua Penguji
Abdul Syukur - 198410212008121003 - Penguji 1
Frans K. Selly - 0809028701 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86205
Edisi
Published
Departement
Penddidikan Luar Sekolah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.05 Nge P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA