Analisis Faktor Penyebab Perambahan Di Cagar Alam Wolo Tadho (Studi Kasus Desa Latung dan Desa Tadho Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur)

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Faktor Penyebab Perambahan Di Cagar Alam Wolo Tadho (Studi Kasus Desa Latung dan Desa Tadho Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur)

XML

Perambahan merupakan salah satu masalah yang terjadi di Cagar Alam Wolo Tadho. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab perambahan di Cagar Alam Wolo Tadho dan kegiatan dalam mengatasi masalah perambahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode non probabity sampling terhadap masyarakat biasa dan pihak pengelola Cagar Alam Wolo Tadho. Teknik pengambilan sampel untuk masyarakat yang tinggal di dekat area penelitian menggunakan metode snowball sampling, sementara untuk pihak pengelola Cagar Alam menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat delapan faktor penyebab perambahan di Cagar Alam Wolo Tadho, yakni faktor ekonomi, faktor pendidikan, faktor jumlah tanggungan, keterbatasan lahan, ketidakjelasan batas kawasan, faktor tingkat kesadaran masyarakat, faktor tenurial, keterbatasan petugas. Kegiatan yang dilakukan dalam mengatasi masalah perambahan ini adalah melakukan patrol kawasan, patroli gabungan Bersama kepolisian, membentuk Masyarakat Mitra Polhut, sosialisasi kepada masyarakat tentang Kawasan Cagar Alam Wolo Tadho, melakukan kolaborasi dengan pemerintah dalam menjaga Cagar Alam maupun dalam mengatasi masalah yang terjadi, pendampingan dan pelatihan kepada masyarakat dalam mengoptimalkan hasil pertanian dan pendekatan melalui skema 3 pilar yang melibatkan pemerintah, masyarakat, dan tokoh adat juga tokoh agama.

Kata Kunci : Cagar Alam Wolo Tadho, Perambahan, factor penyebab perambahan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
YEREMIAS TANIK - Personal Name
Student ID
1904070028
Dosen Pembimbing
RONI HAPOSAN SIPAYUNG - - Dosen Pembimbing 1
MARIA M. E. PURNAMA - 197606132006042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
RONI HAPOSAN SIPAYUNG - - Ketua Penguji
Maria M. E. Purnama - 197606132006042001 - Penguji 1
Norman P. L. B. Riwu Kaho - 19841012 201012 1 006 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54251
Edisi
Published
Departement
Fakultas Pertanian
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.51 TAN A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA