Pola Hubungan Petani Penggarap Dengan Pihak Pengelola Taman Nasional Kelimutu Dalam Pengelolaan Lahan Desa Penyangga Kawasan Taman Nasional Kelimutu (Studi Kasus : Desa Pemo Kecamatan Kelimutu Kabupaten Ende)

Detail Cantuman

Skripsi

Pola Hubungan Petani Penggarap Dengan Pihak Pengelola Taman Nasional Kelimutu Dalam Pengelolaan Lahan Desa Penyangga Kawasan Taman Nasional Kelimutu (Studi Kasus : Desa Pemo Kecamatan Kelimutu Kabupaten Ende)

XML

Desa Pemo adalah salah satu desa penyangga kawasan Taman Nasional Kelimutu yang sebagian besar masyarakatnya memiliki mata pencaharian sebagai petani. Pihak pengelola Taman Nasional Kelimutu memiliki program pemberdayaan masyarakat desa penyangga termasuk desa Pemo. Petani desa Pemo yang dalam pengelolaan lahan masih menerapkan sistem tebas bakar dan perladangan berpindah menyebabkan banyaknya lahan tidur di desa Pemo dan dapat memberikan dampak negatif terhadap lingkungan. Lahan milik masyarakat memiliki potensi untuk dikembangkan sehingga pemberdayaan masyarakat yang diberikan dapat membantu dalam memanfaatkan lahan dengan baik, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan petani desa Pemo dengan pihak pengelola Taman Nasional Kelimutu dalam pengelolaan lahan. Responden pada penelitian ini adalah kelompok petani di desa Pemo dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dokumentasi dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara pihak Taman Nasional Kelimutu dengan petani dalam pengelolaan lahan di desa Pemo adalah hubungan yang baik dan positif dalam bentuk pemberdayaan masyarakat dan kerja sama dengan salah satu kelompok yaitu kelompok Nira Ika. Penyediaan bibit, anakan, dan agrowisata kebun apel bertujuan baik bagi masyarakat dalam memanfaatkan lahan yang ada. Pemberdayaan masyarakat juga bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dan sebagai upaya melestarikan kawasan Taman Nasional Kelimutu.

Kata Kunci : Hubungan; Pengelolaan Lahan; Taman Nasional, Desa penyangga;


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
FLORENTINA NADINA LENGO - Personal Name
Student ID
1904070006
Dosen Pembimbing
WILHELMINA SERAN - 198201012006042001 - Dosen Pembimbing 1
MARIA M. E. PURNAMA - 197606132006042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Wilhelmina Seran - 198201012006042001 - Ketua Penguji
Maria M. E. Purnama - 197606132006042001 - Penguji 1
Astin Elise Mau - 198708072015042002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54251
Edisi
Published
Departement
Fakultas Pertanian
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.51 LEN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA