Penerapan Prinsip Good Governance Dalam Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus Dana Anggaran Bantuan Langsung Tunai Tahun 2022 Di Desa Pong Lao Kecamatan Ruteng Kabupaten Manggarai )

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Prinsip Good Governance Dalam Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus Dana Anggaran Bantuan Langsung Tunai Tahun 2022 Di Desa Pong Lao Kecamatan Ruteng Kabupaten Manggarai )

XML

Penelitian ini membahas tentang penerapan prinsip-prinsip good governance dalam pengelolaan dana desa. Penerapan prinsip good governance dilaksanakan dengan maksud agar pengelolaan dana desa lebih terstruktur. Apabila prinsip-prinsip good governance diterapkan secara efektif, maka kualitas pelayanan pun akan semakin baik. Begitu pula dengan penerapan prinsip-prinsip good governance dalam pengelolaan dana desa khususnya dalam pemberian dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Desa Pong Lao Kecamatan Ruteng Kabupaten Manggarai. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah pendataan penerima Bantuan Langsung Tunai di Desa Pong Lao Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai dan (2) Bagaimanakah Penerapan Prinsip Good Governance dalam Pengelolaan Dana Desa di Desa Pong Lao Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan prinsip good governance dalam pengelolaan dana desa di Desa Pong Lao Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. narasumber dalam penelitian ini adalah perangkat desa, kepala dusun dan masyarakat di Desa Pong Lao. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan narasumber dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pendataan penerima BLT di Desa Pong Lao sudah sesuai dengan prosedur yang mengacu pada peraturan atau undang-undang yang mendasari pemberian BLT yakni mengedepankan masyarakat yang masuk kategori miskin ekstrim. (2) Dalam pengelolaan dana desa khususnya pemberian BLT di Desa Pong Lao Kecamatan Ruteng Kabupaten Manggarai tahun 2022 telah menerapkan prinsip-prinsip good governance dalam setiap tahapannya. Pada tahap perencanaan telah menerapkan prinsip demokrasi dan partisipasi; dalam tahap pengorganisasian telah menerapakan prinsip profesionalitas, prinsip efisiensi dan efektivitas; dalam tahap penggerakkan telah menerapkan prinsip pelayanan prima dan prinsip supremasi hukum; dalam tahap pengawasan telah menerapkan prinsip akuntabilitas dan prinsip transparansi.

Kata Kunci: Prinsip Good Governance, Pengelolaan Dana Desa, Bantuan Langsung Tunai (BLT).


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
NOPRIANUS DANDUNG - Personal Name
Student ID
1803040002
Dosen Pembimbing
AKHMAD SYAFRUDDIN - 198403252019031004 - Dosen Pembimbing 1
YEFTHA SABAAT - 198905062019031003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
AKHMAD SYAFRUDDIN - 198403252019031004 - Ketua Penguji
YEFTHA SABAAT - 198905062019031003 - Penguji 1
Yonatan Lopo - 19911031 202012 1 008 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01 DAN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA