Hubungan Perilaku Personal Hygiene terhadap Kejadian Ketombe (Pityriasis sicca) pada Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Hubungan Perilaku Personal Hygiene terhadap Kejadian Ketombe (Pityriasis sicca) pada Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang

XML

Latar Belakang : Ketombe merupakan kondisi pengelupasan lapisan korneum kulit kepala membentuk serpihan-serpihan putih yang paling banyak terjadi pada remaja karena kelenjar sebasea aktif memproduksi sebum menyebabkan peningkatan kolonisasi ragi Malassezia sp., penyebab ketombe. Faktor yang mempengaruhi kejadian ketombe adalah perilaku personal hygiene. Remaja di panti asuhan memiliki risiko tinggi mengalami ketombe akibat perilaku personal hygiene yang buruk, salah satunya adalah penggunaan barang-barang pribadi bergantian ke sesama teman.
Tujuan : Mengetahui adakah hubungan antara perilaku personal hygiene terhadap kejadian ketombe (Pityriasis sicca) pada remaja yang tinggal di panti asuhan Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang.
Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian analitik observasional dengan rancangan studi cross-sectional. Responden dipilih dengan metode purposive sampling sesuai kriteria inklusi dan eksklusi dengan pengambilan jumlah responden minimal menggunakan rumus lemeshow sehingga didapatkan sebanyak 55 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner perilaku personal hygiene dan pemeriksaan lampu wood. Analisis data menggunakan uji fisher exact.
Hasil : Hubungan perilaku personal hygiene terhadap kejadian ketombe didapatkan p-value = 0.223 (p >0.05) dengan uji fisher exact, sehingga tidak memiliki hubungan yang signifikan. Dua item perilaku personal hygiene pada kuesioner, yaitu penggunaan bantal tidur sendiri/bergantian dengan orang lain memiliki p-value = 0.007 (p <0.05), dan keramas setelah selesai beraktivitas di luar ruangan dan terpapar debu polusi dalam jangka waktu lama memiliki p-value = 0.016, sehingga memiliki hubungan yang signifikan dengan kejadian ketombe.
Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku personal hygiene terhadap kejadian ketombe pada remaja yang tinggal di panti asuhan di Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang.
Kata Kunci : Personal Hygiene, Ketombe, Remaja, Panti Asuhan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Veronica - Personal Name
Student ID
2008010054
Dosen Pembimbing
dr. S. M. J. Koamesah, MMR, MMPK,FISPH.,FISCM - 196110161989031007 - Dosen Pembimbing 1
REGINA MARVINA HUTASOIT - 197911072015042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Sangguana M J Koamesah - 196110161989031007 - Ketua Penguji
regi - - Penguji 1
Conrad Liab Hendricson Folamauk - 198810162018031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
11201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Dokter
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
112.01 VER H
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA