Skripsi
Pengaruh Prior Knowledge Peer Tutor Terhadap Keberhasilan Peer Teaching Dalam Pelatihan Gizi Seimbang Pada Mahasiswa Universitas Nusa Cendana
XMLLatar Belakang: Salah satu masalah kesehatan utama di Indonesia ialah
permasalahan gizi, baik itu gizi kurang maupun gizi lebih (double burden) yang
sering dijumpai pada usia dewasa dengan salah satu penyebabnya yaitu kurangnya
pengetauan gizi. Berdasarkan survey Tim Health Promoting University (HPU) di
Undana, didapati belum adanya pola makan sehat yang terbentuk di kalangan
mahasiswa. Selain itu, dari hasil survei tersebut juga menunjukkan adanya
keterbatasan SDM profesional bidang gizi, finansial, dan waktu. Maka untuk mengatasi keterbatasan tersebut sekaligus mampu menjangkau mahasiswa Undana yang berjumlah sekitar 30.000 orang maka diperlukan strategi khusus. Salah satunya menggunakan metode peer teaching (dengan memperhatikan kriteria dalam seleksi tutor terkait prior knowledge gizi kelompok tutor), dimana dalam penelitian ini dilakukan dengan cara mahasiswa yang memiliki prior knowledge gizi dan yang tidak memiliki prior knowleedge gizi (peer tutor) mengajar mahasiswa lain (peer tutee)dalam Pelatihan Gizi Seimbang sebagai upaya peningkatan pengetahuan gizi seimbang.Tujuan: Mengetahui pengaruh prior knowledge peer tutor terhadap keberhasilan peer teaching dari segi tingkat pengetahuan gizi dalam pelatihan gizi seimbang pada mahasiswa Universitas Nusa Cendana.Metode: Penelitian quasi experimental dengan bentuk pretest-posttest design with non-equivalent group dengan total responden 85 mahasiswa yang dibagi berdasarkan volunteer sampling ke dalam kelompok perlakuan Ia (n=18), Ib (n=16), IIa (n=24), dan IIb (n=27). Kemudian dilakukan training of trainer (TOT) dalam Pelatihan Gizi Seimbang yang diberikan oleh mentor (ahli di bidang gizi) kepada kelompok perlakuan Ia dan Ib (peer tutor dengan prior knowledge gizi dan peer tutor tanpa prior knowledge gizi). Selanjutnya peer tutor akan memberikan pelatihan gizi seimbang kepada kelompok perlakuan peer tutee IIa dan IIb (peer tutee yang dilatih peer tutor dengan prior knowledge gizi dan peer tutee yang dilatih peer tutor tanpa prior knowledeg gizi) menggunakan metode peer teaching. Pengumpulan data pretestdan posttest dilakukan pada keempat kelompok dengan menggunakan kuesioner pengetahuan gizi seimbang. Analisis data menggunakan Independent sample t-test karena data terdistribusi normal.Hasil: Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara perbandingan rerata posttest pada kedua kelompok peer tutee (IIa dan IIb) (p = 0,65).Kesimpulan: Tidak terdapat pengaruh prior knowledge peer tutor terhadap keberhasilan peer teaching dari segi tingkat pengetahuan gizi dalam pelatihan gizi seimbang pada mahasiswa Universitas Nusa Cendana.
Kata Kunci: Prior Knowledge, Peer Tutor, Peer Teaching, Pengetahuan Gizi Seimbang
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Yuli Clementina Gomangani - Personal Name
|
Student ID |
2008010012
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Nicholas Edwin Handoyo - 198003172008011005 - Ketua Penguji
Iswaningsih - 198312162012122002 - Penguji 1 Dr.dr. Christina Olly Lada, S.Ked, M.Gizi - 197204082005012002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
11201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Dokter
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
112.01 Gom P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |