PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMA 6 SUBTEMA 1 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VA SDI BERTINGKAT KELAPA LIMA 1 KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMA 6 SUBTEMA 1 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VA SDI BERTINGKAT KELAPA LIMA 1 KOTA KUPANG

XML

Skripsi ini disusun oleh Apliana Tanggu dengan Nomor Induk Mahasiswa 1901140136 (2023) berjudul ’’Penerapan Model Problem Based Learning Dalam
Pembelajaran Tema 6 Subtema 1 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VA SDI Bertingkat Kelapa Lima 1 Kota Kupang’’. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan model problem based learning dalam pembelajaran tema 6 panas dan perpindahannya subtema 1 suhu dan kalor untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VA SDI Bertingkat Kelapa Lima 1 Kota Kupang?. Dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VA SD Inpres Bertingkat Kelapa Lima 1 Kota Kupang pada tema 6 panas dan perpindahannya subtema 1 suhu dan kalor melalui penerapan model problem based learning. Dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas melalui empat tahapan yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi subjek penelitian kelas VA dengan jumlah 19 peserta didik yang terdiri atas 9 laki-laki dan 10 perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. analisis deskripitif kuntatitatif dan kualitatif digunakan untuk mengolah dan analisis data yang dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan dengan menerapkan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil observasi guru siklus I jumlah nilai 61, skor rata – rata 76 dengan kategori cukup, skor yang diperoleh pada siklus II jumlah nilai 71, skor rata – rata 89 dengan ketegori baik. Hasil observasi peserta didik siklus I jumlah nilai 1135, skor rata – rata 60 dengan kategori kurang, hasil observasi peserta didik siklus II 1595, skor rata – rata 84 dengan kategori baik. Sedangkan hasil tes peserta didik siklus I jumlah nilai 1.285, skor rata – rata 68 dengan kategori kurang, persentase ketuntasan 53% dan persentase ketidaktuntasan 47%, hasil tes peserta didik siklus II jumlah nilai 1.610, skor rata – rata 85 persentase ketuntasan 89% dan persentase ketidaktuntasan 11%.
Sehingga dapat disimpulkan penerapan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada tema 6 subtema 1 khususnya mata
pembelajaran IPA. Saran: berdasarkan hasil penelitian ini bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran ketika peserta didik tidak aktif berdampak pada hasil belajarnya menjadi rendah, maka tindak lanjut yang lakukan oleh peneliti sebagai guru yaitu dengan menerapkan model problem based learning sehingga peserta didik ikut berperan aktif dalam pembelajaran, peserta didik berpartisipasi dalam kerja kelompok, peserta didik aktif untuk bertanya, menyampaikan pendapat, mengembangkan kemampuan berpikir, sehingga dapat meningkatkan hasil belajarpeserta didik.
Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Apliana Tanggu - Personal Name
Student ID
1901140136
Dosen Pembimbing
MARKUS SAMPE - - Dosen Pembimbing 1
Netty E.A. Nawa - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Markus Sampe, S.Pd., M.M - - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa, S.Pd, M.Pd - 9900007798 - - Penguji 1
Margaret Pula Elisabeth Djokaho - 198103012008122002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Tan P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA