Studi Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS)

Detail Cantuman

Skripsi

Studi Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan air bersih pada Perusahaan daerah air minum (PDAM) Kota Soe. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif dengan jenis penelitian Mix Method (kombinasi) dengan responden 56 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengolahan data Indeks Kepuasan Masyrakat (IKM) dengan melakukan Editing, Koding, Tabulasi Data, dan Penarikan Kesimpulan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini sesuai dengan PERMENPAN No 14 Tahun 2017 yaitu dengan Skala Likert. Teknik validasi data yang digunakan dengan cara Triangulasi. Untuk mengukur tingkat kepuasan Masyarakat PDAM Kota Soe maka yang diteliti sebagai fokus penelitian ada 9 unsur yaitu Persyaratan, Mekanisme, system dan prosedur, waktu penyelesian, biaya/tarif, produk spesifikasi jenis pelayanan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, penanganan pengaduan saran, dan masukan, sarana dan prasarana. Hasil penelitian ditemukan bahwa pelayanan pada PDAM Kota Soe telah berjalan dengan baik dimana didapatkan hasil indeks kepuasan masyarakat dilihat dari 9 indikator dengan Nilai Konversi IKM 70.00 dengan mutu pelayanan “B” yang berarti Baik. Dari 9 unsur indikator kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan PDAM Kota Soe, Perilaku Pelaksana merupakan unsur dengan nilai IKM tertinggi sebesar 3.36 dengan nilai konversi IKM sebesar 84,00 dengan kategori “A” yang berarti Sangat Baik. Sedangkan ada 2 unsur nilai IKM terendah sebesar 2,30 yaitu unsur biaya tarif dengan nilai konversi IKM 57,50 dengan kategori “C” yang berarti Kurang Baik, dan unsur waktu penyelesaian sebesar 2,40 dengan nilai konversi IKM 60,00 dengan kategori “C” yang berarti Kurang Baik. Beberapa faktor penyebab kualitas layanan di PDAM Kota Soe memiliki kualifikasi kurang baik terkait yaitu waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan permintaan layanan belum terorganisir dengan baik, yang mengakibatkan penundaan yang signifikan untuk masalah pelanggan yang kompleks. Di sisi lain, seperti pergantian musim, medan yang berbukit-bukit, serta infrastruktur yang terbatas. Kemudian kebocoran pipa yang lambat terdeteksi oleh petugas PDAM atau pelanggan dapat mengakibatkan tarif yang dibayarkan lebih tinggi dan tidak sesuai dengan tarif yang telah ditetapkan sehingga terjadi pemborosan air karena kurangnya pemahaman masyarakat terhadap mekanisme pengaduan dapat menimbulkan persepsi ketidakpedulian terhadap kendala sehingga menyebabkan keterlambatan pelaporan kepada petugas. Untuk itu PDAM Kota Soe disarankan agar lebih memberikan pelayanan yang lebih baik dengan ide dan gagasan serta lebih tanggap terhadap kebutuhan pelanggan guna menciptkan pelayanan yang lebih prima

Kata Kunci : Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Publik


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1803010177
Dosen Pembimbing
NURSALAM - 196410091991031001 - Dosen Pembimbing 1
Yaherlof FoEh - 196205251989012001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Nursalam - 196410091991031001 - Ketua Penguji
Yaherlof Foeh - 196205251989012001 - Penguji 1
Made Ngurah Demi Andayana - 197010292009121001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 SAE S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA