Skripsi
Pengaruh Metode Peer Assisted Learning Dalam Pelatihan Protection Of Sexual, Exploitation, And Abuse (PSEA) Terhadap Perubahan Behavioral Intention Untuk Menerapkan PSEA
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode peer assisted learning dalam pelatihan Protection of Sexual, Exploitation and Abuse (PSEA) terhadap perubahan behavioral intention civitas akademika Universitas Nusa Cendana untuk menerapkan PSEA. Niat perilaku diartikan sebagai dorongan motivasi dalam memberikan pengaruh kepada perilaku tertentu. Semakin kuat niat untuk terlibat dalam suatu perilaku maka semakin besar kemungkinan perilaku tersebut dilakukan. Maraknya permasalahan kekerasan seksual yang dapat menimpa seseorang kapan saja serta di mana saja tanpa terkecuali perguruan tinggi maka dilakukan pelatihan PSEA dengan menerapkan metode peer assisted learning. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental two group with pretest-posttest dengan total responden 75 yang terdiri dari mahasiswa dan pegawai yang dibagi menjadi kelompok tutor dan kelompok tutee. Dilakukan pengukuran perubahan behavioral intention melalui pengisian kuesioner yang telah dibuat oleh tim peneliti berdasarkan Teori Perilaku Terencana oleh Martin Fishbein dan Icek Ajzen, Predicting and changing behavior : The reasoned action approach. Data pada kelompok tutor dianalisis menggunakan uji Wilcoxon karena data tidak terdistribusi normal dan kelompok tutee menggunakan uji Paired Sample T. Terdapat perbedaan rerata skor behavioral intention yang signifikan antara sebelum dan setelah pelatihan pada kelompok tutor pada pengukuran pretest – posttest 1 dan tidak terdapat perbedaan rerata skor behavioral intention yang signifikan antara sebelum dan setelah pelatihan pada kelompok tutee. Hasil uji statistik pada kelompok tutor pengukuran pretest – posttest 1 (p value = 0,032), pretest – posttest 2 (p value = 0,140), posttest 1 – posttest 2 (p value = 0,898) dan kelompok tutee (p value = 0,133).
Kata kunci: Kekerasan Seksual, Protection of Sexual, Exploitation, and Abuse, Behavioral Intention, Peer Assisted Learning, Civitas Akademika
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
JASMIN EMANUELA GANDY - Personal Name
|
Student ID |
2008010067
|
Dosen Pembimbing |
NICHOLAS EDWIN HANDOYO - 198003172008011005 - Dosen Pembimbing 1
CONRAD LIAB HENDRICSON FOLAMAUK - 198810162018031001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Nicholas Edwin Handoyo - 198003172008011005 - Ketua Penguji
Conrad Liab Hendricson Folamauk - 198810162018031001 - Penguji 1 R. PASIFIKUS Ch WIJAYA - 198306082018031001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
11201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Dokter
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
112.01 GAN P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |