Pengaruh Metode Peer Assisted Learning Dalam Pelatihan Protection Of Sexual, Exploitation, And Abuse (PSEA) Terhadap Perubahan Behavioral Intention Untuk Menerapkan PSEA

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Metode Peer Assisted Learning Dalam Pelatihan Protection Of Sexual, Exploitation, And Abuse (PSEA) Terhadap Perubahan Behavioral Intention Untuk Menerapkan PSEA

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode peer assisted learning dalam pelatihan Protection of Sexual, Exploitation and Abuse (PSEA) terhadap perubahan behavioral intention civitas akademika Universitas Nusa Cendana untuk menerapkan PSEA. Niat perilaku diartikan sebagai dorongan motivasi dalam memberikan pengaruh kepada perilaku tertentu. Semakin kuat niat untuk terlibat dalam suatu perilaku maka semakin besar kemungkinan perilaku tersebut dilakukan. Maraknya permasalahan kekerasan seksual yang dapat menimpa seseorang kapan saja serta di mana saja tanpa terkecuali perguruan tinggi maka dilakukan pelatihan PSEA dengan menerapkan metode peer assisted learning. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental two group with pretest-posttest dengan total responden 75 yang terdiri dari mahasiswa dan pegawai yang dibagi menjadi kelompok tutor dan kelompok tutee. Dilakukan pengukuran perubahan behavioral intention melalui pengisian kuesioner yang telah dibuat oleh tim peneliti berdasarkan Teori Perilaku Terencana oleh Martin Fishbein dan Icek Ajzen, Predicting and changing behavior : The reasoned action approach. Data pada kelompok tutor dianalisis menggunakan uji Wilcoxon karena data tidak terdistribusi normal dan kelompok tutee menggunakan uji Paired Sample T. Terdapat perbedaan rerata skor behavioral intention yang signifikan antara sebelum dan setelah pelatihan pada kelompok tutor pada pengukuran pretest – posttest 1 dan tidak terdapat perbedaan rerata skor behavioral intention yang signifikan antara sebelum dan setelah pelatihan pada kelompok tutee. Hasil uji statistik pada kelompok tutor pengukuran pretest – posttest 1 (p value = 0,032), pretest – posttest 2 (p value = 0,140), posttest 1 – posttest 2 (p value = 0,898) dan kelompok tutee (p value = 0,133).
Kata kunci: Kekerasan Seksual, Protection of Sexual, Exploitation, and Abuse, Behavioral Intention, Peer Assisted Learning, Civitas Akademika


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
JASMIN EMANUELA GANDY - Personal Name
Student ID
2008010067
Dosen Pembimbing
NICHOLAS EDWIN HANDOYO - 198003172008011005 - Dosen Pembimbing 1
CONRAD LIAB HENDRICSON FOLAMAUK - 198810162018031001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Nicholas Edwin Handoyo - 198003172008011005 - Ketua Penguji
Conrad Liab Hendricson Folamauk - 198810162018031001 - Penguji 1
R. PASIFIKUS Ch WIJAYA - 198306082018031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
11201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Dokter
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
112.01 GAN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA