Skripsi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG SIKLUS AIR MELALUI MODEL INKUIRIBERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS V SDK YASWARI NOETOKO KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN
XMLPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus berikut: perencanaan,pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini peserta didik kelas V yang berjumlah 21 orang, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan hasil belajar pada setiap siklus. (1) hasil observasi guru pada siklus I mendapatkan skor 122 dengan rata-rata 73,12 dengan kategori baik, siklus II dengan jumlah skor 164 dengan rata-rata 90,76 yang berkategori baik sekali. (2) hasil observasi siswa pada siklus I mendapatkan skor 1.677 dengan rata-rata 79,80 yang berkategori baik, siklus II dengan jumlah 2.440 dengan rata rata 92,24 yang berkategori baik sekali. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I mendapatkan skor 1.265 dengan rata-rata 60,23, siklus II dengan skor 1. 845 dengan rata-rata 87,85. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi siklus air di kelas V SDK Yaswari Noetoko Kabupaten Timor Tengah Selatan.
Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar, Siklus Air
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
SANTY SENODORISA TEFA - Personal Name
|
Student ID |
1901140173
|
Dosen Pembimbing |
Taty R. Koroh - 19621004 198811 2 001 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Marsi D. S. Bani - 198203142008121001 - Ketua Penguji
Taty R Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1 Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Tef P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |