Pengaruh Metode Peer Assisted Learning Dalam Pelatihan Protection Of Sexual, Exploitation And Abuse Terhadap Perubahan Perceived Behavior Control Civitas Akademika Undana

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Metode Peer Assisted Learning Dalam Pelatihan Protection Of Sexual, Exploitation And Abuse Terhadap Perubahan Perceived Behavior Control Civitas Akademika Undana

XML

Latar Belakang: Maraknya permasalahan kekerasan seksual yang dapat menimpa seseorang kapan saja serta dimana saja tanpa terkecuali maka dari itu dilakukan pelatihan PSEA sehingga diharapkan terdapat perubahan kontrol perilaku dalam menghadapi masalah kekerasan seksual. Dalam penelitian ini, peneliti memilih pelatihan PSEA sebagai media dan materi dalam mencegah terjadinya kekerasan seksual yang dalam penerapannya menggunakan metode Peer Assisted Learning dan juga untuk meningkatkan perceived behavior control yang didefinisikan sebagai persepsi seseorang terhadap seberapa sanggup dalam melaksanakan suatu perilaku.
Tujuan: Megetahui pengaruh metode Peer Assisted Learning dalam pelatihan Protection of Sexual, Exploitation, and Abuse (PSEA) terhadap perubahan Perceived Behavior Control Civitas Akademika Universitas Nusa Cendana untuk menerapkan PSEA.
Metode: Penelitian quasi experimental two group with pretest-posttest design dengan total responden 78 mahasiswa dan pegawai yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok tutor (n=27) dan kelompok tutee (n=51) menggunakan quota sampling. Dilakukan pengukuran perubahan Perceived Behavior Control melalui pengisian kuesioner yang telah dibuat oleh tim peneliti berdasarkan Teori Perilaku Terencana oleh Martin Fishbein dan Ijzen Ajzen, Predicting and changing behavior: The reasoned action approach. Data pada kelompok tutor dianalisis menggunakan uji Friedman karena data tidak terdistribusi normal dan kelompok tutee terdistribusi normal sehingga menggunakan uji Paired Sample T.
Hasil: Pada kelompok tutor memiliki hasil nilai p value = 0,018 dan memiliki effect size (Kendall’s W) sebesar 0,150 (weak agreement) sedangkan pada kelompok tutee memiliki hasil nilai p value = <0.001 dan memiliki effect size (Cohen’s d) sebesar 0,933 (tinggi/large > 0.80).
Kesimpulan: Pelatihan PSEA menggunakan metode PAL berpengaruh dalam perubahan Perceived Behavior Control pada civitas akademika Undana.

Kata Kunci: Kekerasan Seksual, Protection of Sexual, Exploitation, and Abuse, Perceived Behavior Control, Peer Assisted Learning, Civitas Akademika.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2008010016
Dosen Pembimbing
NICHOLAS EDWIN HANDOYO - 198003172008011005 - Dosen Pembimbing 1
KRISTIAN RATU - 197904282008121002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Nicholas Edwin Handoyo - 198003172008011005 - Ketua Penguji
Kristian Ratu - 197904282008121002 - Penguji 1
R. PASIFIKUS Ch WIJAYA - 198306082018031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
11201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Hewan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
112.01 AKH P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA