Skripsi
Evaluasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukkan (SIAK) Dalam Pelayanan Pembuatan Kartu Keluarga (KK) Di Dinas Kependudukkan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Manggarai
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa Evaluasi atau penilaian dari Sistem informasi Administrasi Kependudukkan (SIAK) dalam Pembuatan Kartu Keluarga di Dinas Kependudukkan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Manggarai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi SIAK khususnya dalam pembuatan Kartu Keluarga di Dinas Kependudukkan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Manggarai sudah berjalan cukup baik walaupun ada juga beberapa masalah yang sering terjadi sehingga lambatnya proses pembuatan Kartu Keluarga ditinjau dari tiga indikator evaluasi menurut William DeLone dan Mc Lean yaitu: (1) Kualitas Sistem, Kualitas sistem yang ada di Dinas Kependudukkan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Manggarai sudah sangat baik, kecepatan sistem yang diperlukan petugas/Pegawai untuk menginput segala jenis data bisa dihutung menit dengan kisaran 20-30 menit dan sudah termasuk dengan verifikasi datanya. Walaupun demikian masih ada kendala seperti cuaca kurang bagus yang sulit untuk dikendalikan sehingga berakibat pada jaringan yang buruk pula mengakibatkan terhambatnya penginputan data kependudukkan, serta kendala lain berupa komputer atau alat print yang tiba tiba eror yang menghambat prosesnya pencetakkan dokumen kependudukkan. (2) Kualitas Pelayanan, ada beberapa Pegawai yang kurang baik dan kurang gesit dalam memberikan pelayanan seperti pada saat lembar formulir pengisian identitas habis pegawai tidak menindaklanjuti dengan cepat masalah tersebut dengan cara print out kembali file formulir pengisian identitas tersebut sehingga ada masyarakat yang complain dan terpaksa masyarakat itu sendiri yang print out formulir pengisian identiasnya. (3) Tingkat Kepuasan Tingkat kepuasan masyarakat pada Dinas Kependudukkan dan pencatatan Sipil Kabupaten Manggarai sudah cukup memuaskan, Sebagian masyarakat juga ada yang kurang puas atas pelayanan yang diberikan seperti fasilitas diruang tunggu berupa kursi yang tersedia sangat terbatas kemudian fasilitas lain berupa tempat parkirpun tidak tersedia, hal ini mengakibatkan masyarakat yang datang menggunakan sepeda motor maupun mobil harus parkir di pinggir jalan.
Kata kunci : Evaluasi, SIAK, Pelayanan Publik
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
REDEGUNDIS JELITA - Personal Name
|
Student ID |
1903010113
|
Dosen Pembimbing |
JENY JACOBA THERIK - 196206061988032003 - Dosen Pembimbing 1
Yohanis Ndoda - 195810051987021001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
JENI J. TERIK - - Ketua Penguji
Yohanis Ndoda - 195810051987021001 - Penguji 1 Petrus Kase - 196208091988031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
63201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
632.01 JEL E
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |