Kuliah Online di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nusa Cendana)

Detail Cantuman

Skripsi

Kuliah Online di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nusa Cendana)

XML

Penelitian ini berjudul “Kuliah Online di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nusa Cendana)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan paling signifikan yang di rasakan mahasiswa ketika kuliah online di masa pandemi. Teori yang digunakan yakni Teori AGIL Talcott Parson. Metode yang digunakan dalam metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis most significant change. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, studi dokumentasi dan focuss group discussion. Teknik penarikan informan yang digunakan adalah purposive sampling/ sampling bertujuan. Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi sosiologi berjumlah 10 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa program studi sosiologi mengalami perubahan selama kuliah online di masa pandemi, baik itu perubahan positif maupun negatif. Perubahan positif yang dirasakan mahasiswa antara lain waktu perkuliahan yang tidak mengikat membuat mahasiswa menjadi lebih santai dalam mengikuti perkuliahan dan waktu luang yang tersedia dapat di manfaatkan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki, perkuliahan secara online membuat mahasiswa dapat berkuliah darimana saja tanpa dibatasi oleh tempat perkuliahan serta menghemat biaya transportasi dan mobilitas yang dikeluarkan ketika kuliah tatap muka. Sedangkan, perubahan negatif yang terjadi yakni waktu prkuliahan yang tidak sesuai dengan jadwal perkuliahan, sulitnya mahasiswa memahami materi yang disampaikan di karenakan untuk mengakses materi dibutuhkan kuota dan jaringan yang memadai serta kurangya penjelasan yang diberikan oleh dosen karena ada beberapa materi yang tidak dijelaskan namun digantikan dengan pemberian tugas. Perubahan paling signifikan yang dirasakan mahasiswa sosiologi dalam kuliah online dimasa pandemi yakni perubahan dari segi fleksibilitas waktu dan tempat, perkuliahan, efisiensi biaya dan perubahan kemampuan memahami materi yang disampaikan dosen. Saran dalam penelitian ini yakni, Terkait dengan waktu perkuliahan, sekiranya dibuat kesepakatan bersama antara mahasiswa dan dosen dan diikuti oleh kedua belah pihak agar perkuliahan dapat berjalan dengan baik, Penjelasan terhadap materi perkuliahan sangatlah di perlukan karena mahasiswa membutuhkan penjelasan terhadap materi yang disampaikan, dalam proses pembelajaran sekiranya materi yang disampaikan oleh dosen dapat dipelajari oleh mahasiswa dan jika materi yang disampaikan kurang di pahami, mahasiswa dapat bertanya kepada dosen pengasuh mata kuliah terkait ketidakpahaman terhadap materi, waktu luang yang dimiliki mahasiswa sekiranya dimanfaatkan untuk mendalami materi perkuliahan melalui membaca jurnal ataupun melalui sumber informasi lainnya seperti youtube, Instagram, twitter ataupun platform lain yang dapat menyediakan informasi terkait materi yang disampaikan dosen. Kata Kunci: Kuliah Online, Pandemi, Covid-19


Detail Information

Item Type
Penulis
Tomi A. Bonbalan - Personal Name
Student ID
1403030054
Dosen Pembimbing
Lenny S.Bire Manoe - 198009152005012003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Hotlif A. Nope - 19771124 200501 1 002 - Ketua Penguji
Lenny Sofia Bire Manoe - 198009152005012003 - Penguji 1
Syamsuryadi - 195712111989011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 BON K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA