HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY PADA PEMBELAJARAN LINGKARAN KONTEKS BUDAYA AMARASI SELATAN DI KELAS VI SD NEGERI SAHRAEN

Detail Cantuman

Skripsi

HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY PADA PEMBELAJARAN LINGKARAN KONTEKS BUDAYA AMARASI SELATAN DI KELAS VI SD NEGERI SAHRAEN

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain Hypothetical Learning Trajectory pada materi lingkaran dengan menggunakan pendekatan matematika realistik di kelas VI SD Negeri Sahraen
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain research yang mana metode ini difokuskan pada pengembangan desain pembelajaran dalam bentuk hypothetical learning trajectory. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang melibatkan 4 orang siswa
pada siklus pilot experiment dan 16 orang siswa pada siklus teaching experiment. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Sahraen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, lembar validasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan yaitu Analisis data validitas, analisis data wawancara, dan analisis data tes tertulis
Penelitian ini menghasilkan suatu learning trajectory melalui pendekatan PMRI yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran terkait materi keliling dan luas lingkaran di kelas VI SD Negeri Sahraen. Learning trajectory yang dihasilkan terdiri atas 6 aktivitas dimana pendekatan PMRI menjadi acuan utama dalam setiap aktivitas yang ada. Konteks yang digunakan pada penelitian ini adalah budaya amarasi selatan yang berbentuk lingkaran, kemudian siswa diminta membuat hiasan berbentuk lingkaran menggunakan kertas origami dan karton. Setelah itu, siswa menentukan unsur-unsur lingkaran dari hiasan yang dibuat dan menemukan rumus keliling dan luas lingkaran dari aktivitas yang dilakukan. Setelah menemukan rumus, selanjutnya siswa menyelesaikan soal keliling dan luas lingkaran.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Febriani Rassa - Personal Name
Student ID
1801030025
Dosen Pembimbing
Siprianus Suban Garak - 196512311992031027 - Dosen Pembimbing 1
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yohanes Hariaman Nada - Yohanes Hariaman Nada - Ketua Penguji
Siprianus S. Garak - 196512311992031027 - Penguji 1
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Ssa H
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA