Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Pergaulan Bebas Siswa SMA Negeri 1 Ndoso

Detail Cantuman

Skripsi

Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Pergaulan Bebas Siswa SMA Negeri 1 Ndoso

XML

Pergaulan bebas yang mengakibatkan terjadinya penyimpangan atau masalah yang akan berdampak buruk bagi siswa di SMA Negeri 1 Ndoso tentunya menjadi salah satu tugas guru bimbingan dan konseling untuk menanggulangi serta mencegah kasus pergaulan bebas agar tidak terjadi kembali. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui upaya guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi pergaulan bebas siswa SMA Negeri 1 Ndoso.
Jenis penelitian yang digunakana dalam penelitian ini adalah kualitatif, pendekatan fenomologi. Subjek penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling, siswa sebagai sumber tambahan, siswa yang bermasalah, dan pemilik kos. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis yang dilakukan dalam data kualitatif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber, dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pergaulan bebas yang dialami oleh siswa SMA Negeri 1 Ndoso yaitu bentuk-bentuk nya seperti pacaran tidak sehat, merokok, minum-minuman alkohol, dan terlibat dalam aksi tawuran. Faktor penyebab terjadinya pergaulan bebas yang dialami oleh siswa yaitu faktor internal, faktor dari orang tua/wali, dan juga faktor lingkungan sosial. Maka guru bimbingan dan konseling SMA Negeri 1 Ndoso telah melaksanakan upaya dalam mengatasi masalah pergaulan bebas yang dihadapai oleh siswa, yaitu guru bimbingan dan konseling menggunakan upaya preventif (upaya pencegahan) dengan memberikan layanan bimbingan klasikal dan layanan informasi kepada siswa di kelas tentang dampak pergaulan bebas, guru bimbingan dan konseling juga memberikan upaya kuratif (upaya pengentasan) dengan memberikan layanan konseling perorangan bagi siswa yang bermasalah dalam pergaulan bebas, upaya terakhir yang guru bimbingan dan konseling lakukan yaitu menggunakan upaya preserevatif (pemeliharaan dan pengembangan) dengan memberikan layanan bimbingan klasikal, layanan informasi dan melalui layanan bimbingan kelompok. Untuk memberikan pemahaman kembali kepada siswa yang sudah tidak terjerumus lagi dalam pergaulan bebas, agar siswa tersebut tetap konsisten dalam menghindari masalah yang dialami.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa masalah pergaulan bebas yang dialami oleh siswa SMA Negeri 1 Ndoso sangat beragam, seperti pacaran tidak sehat, siswa yang merokok, mengomsumsi minuman beralkohol, serta terlibat dalam aksi tawuran. Namun dengan adanya upaya dari guru bimbingan dan konseling sangat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah yang dihadapai.

Kata kunci: Guru Bimbingan Dan Konseling, Pergaulan Bebas


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1801160075
Dosen Pembimbing
Febriani - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 1
Paulinus A.S. Uda - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Febriani - 199202132018032001 - Ketua Penguji
Paulinus S. A. Uda - - Penguji 1
Rizky M. Aryance Abel - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.01 ADA U
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA