Isolasi Senyawa Metabolit Sekunder dari Ekstrak Etil-Asetat dan Fraksi n-butanol Batang Kayu Gaharu (Gyrinops versteegii) Asal Manggarai serta Uji Aktivitas Terhadap Larva Udang (Artemia Salina Leach)

Detail Cantuman

Skripsi

Isolasi Senyawa Metabolit Sekunder dari Ekstrak Etil-Asetat dan Fraksi n-butanol Batang Kayu Gaharu (Gyrinops versteegii) Asal Manggarai serta Uji Aktivitas Terhadap Larva Udang (Artemia Salina Leach)

XML

Telah dilakukan penelitian tentang isolasi senyawa metabolit sekunder dari ekstrak etil asetat dan fraksi n-butanol batang kayu gaharu (Gyrinops versteegi) asal Manggarai serta uji aktivitasnya terhadap larva udang Artemia salina L. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan senyawa metabolit sekunder yang terkandung dalam batang kayu gaharu dan menguji toksisitasnya terhadap larva udang Artemia salina L. Penelitian dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu; (1) preparasi sampel, (2) ekstraksi dengan metode maserasi menggunakan pelarut n-heksana dan pelarut etil asetat. Ekstrak kemudian dipekatkan dengan Rotary vacum evaporator, (3) uji toksisitas menggunakan metode dengan metode Brine Shrimp Lethality Test (BSLT). (4) Uji fitokimia dan (5) isolasi senyawa metabolit sekunder menggunakan metode kromatografi lapis tipis preparative (KLTP). Pada hasil uji toksisitas diperoleh nilai LC50 ekstrak etil setat sebesar 57, 95 ppm dan fraksi n-butanol sebesar 47, 35 ppm. Ekstrak etil asetat dan fraksi n-butanol batang kayu gaharu berpengaruh secara signifikan terhadap kematian larva udang Artemia salina L pada konsentrasi 20 ppm dan 80 ppm. Hasil identifikasi dengan uji fitokimia menunjukkan adanya senyawa alkaloid dan terpenoid pada ekstrak etil asetat dan fraksi n-butanol. Hasil isolasi senyawa metabolit sekunder dengan proses KLTP dan analisis dengan UV-Vis, isolat ekstrak etil asetat batang kayu gaharu menunjukkan serapan maksimum pada panjang gelombang 303 nm dan 306 nm, sedangkan isolat fraksi n-butanol menunjukkan serapan maksimum pada panjang gelombang 305 nm dan 226 nm. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ekstrak etil asetat dan fraksi n-butanol batang kayu gaharu asal Manggarai bersifat toksik terhadap larva udang dan senyawa metabolit sekunder yang terkandung di dalam ekstrak dan fraksi n-butanol batang kayu gaharu adalah alkaloid dan terpenoid.
Kata Kunci: isolasi, ekstrak, metabolit sekunder, aktivitas dan fraksi


Detail Information

Item Type
Penulis
Dinda Derista Raga Lawa - Personal Name
Student ID
1601060091
Dosen Pembimbing
I GUSTI MADE NGURAH BUDIANA - 197107231998021001 - Dosen Pembimbing 1
Theodorus M. Da Cunha - 195703271987021001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Jasman - 196906111994031001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Kimia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.04 LAW I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA