PROBLEMATIKA KOMPETENSI PENGADILAN TATA USAHA NEGARA DALAM PENYELESAIAN SENGKETA TATA USAHA NEGARA DI INDONESIA

Detail Cantuman

Tesis

PROBLEMATIKA KOMPETENSI PENGADILAN TATA USAHA NEGARA DALAM PENYELESAIAN SENGKETA TATA USAHA NEGARA DI INDONESIA

XML

ABSTRAK
PROBLEMATIKA KOMPETENSI PENGADILAN TATA USAHA NEGARA DALAM PENYELESAIAN SENGKETA TATA USAHA NEGARA DI INDONESIA
Oleh
Serfus Ka; Nim: 19110040031 Alamat Emaile ...................................................
Di bawah bimbingan; Saryono Yohanes, dan Ebu Kosmas
Suatu isu hukum yang sangat krusial dalam bidang pengadilan, yaitu adanya gesekan kompetensi kekuasaan dari setiap lembaga peradilan baik Peradilan umum maupun Peradilan Tata Usaha Negara dan Peradilan khusus yang seringkali terjadi dalam dunia peradilan sebagai akhibat dari formulasi materi muatan yang dirumuskan dalam peraturan perundang-undang dalam bidang kekuasaan kehakiman.
Bertitiktolak dari isu hukum tersebut maka yang menjadi permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu; 1) Bagaimanakah problematika Kompetensi Pengadilan Tata Usaha Negara Dalam menyelesaiakan Sengketa Tata Usaha Negara di Indonesia? 2) Bagaimanakah implikasi pengaturan kekuasaan Pengadilan Tata Usaha Negara berdasarkan kompetensinya dalam Penyelesaian Sengketa Tata Usaha Negara di Indonesia berdasarkan Undang No. 5 tahun 1986 tentang Peradilan Tata Usaha Negara sebagaimana yang diubah dengan UU No. 51 tahun 2009 tentang Perubahan Kedua Atas UU No. 5 tahun 1986 tentang Peradilan Tata Usaha Negara?
Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini, yaitu, metode pendekatan perundang-undangan, pendekatan yuridis konseptual, dan pendekatan yuiridis historis. Selain itu, dianalisi dengan mengguhakan metode yuridis normatif dan preskriptif.
Bertitik tolak dari hasi penelitian ditemukan, yaitu; Pengadilan Tata Usaha Negara dalam mengadili Sengketa Tata Usaha Negara tidak pernah terlepas dari Problem yang dihadapinya dalam memutus suatu Sengketa Tata Usaha Negara, yaitu: 1) Ketidakseuaian antara Obyek Sengketa Tata Usaha Negara dengan komptensi Pengadilan tata Usaha Negara sebagaimana ditegaskan dalam Pasal 2 Undang-Undang Nomor 9 tahun 2004 tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 5 tahun 1986 tentang Pengadilan Tata Usaha Negara; 2) Obyek sengketa yang digugat oleh Penggugat masih berkaitan dengan Perkara Status Kepemilikan dengan berbagai Pihak yang lainnya masih dalam peroses peradilan di Pengadilan Negeri, sehingga perkara yang digugat dalam perkara a quo tetap menjadi kewenangan dari Pengadilan Negeri untuk mengadili dan memutuskannya. Karena itu, Pengadilan Tata Usaha Negara Kupang tidak memiliki kompetensi untuk mengadili dan memutuskan perkara a quo. Selain itu, terjadi Penguatan Kapasitas Kelembagaan dan kompetensi Pengadilan Tata Usaha Negara yang bebas dan mandiri dari Pengadilan Umum dalam penyelesaian Sengketa Tata Usaha Negara dengang berlakunya UU No. 5 tahun 1986 tentang Pengadilan Tata Usaha
Selanjutnya sebagai rekomendasinya disarankan; 1) Pengadilan Tata Usaha Negara harus tetap berfokus pada asas dan kaidah hukum yang mendasari kompetensinya dalam mengadili Sengketa tata Usaha Negara sehingga tidak menimbulkan berbagai problematika hukum dalam penyelesaian Sengketa Tata Usaha Negara di Negara Republik Indonesia; 2) Pengadilan yang lebih Tingg (Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara dan Mahkamah Agung Republik Indonesia) dan Komisi Yudisial harus tetap mengawal dan mengawasi perilaku Hakim dalam Lingkungan Tata Usaha Negara sehingga Pengadilan Tata Usaha Negara dalam mengambi suatu Putusan benar-benar murni berdasarkan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga tetap terjaga penguatan kapasitas lembagaan dan kompetensinya masing-masing.
Kata kunci: Sengketa Tata Usaha Negara, Keputusan Tata Usaha Negara, Kompetensi, Kepastian hukum dan Keadilan.


Detail Information

Item Type
Tesis
Penulis
Serfus Ka - Personal Name
Student ID
1911040031
Dosen Pembimbing
SARYONO YOHANES - 196207121989021000 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kotan Y Stefanus - 196012271987021001 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
PROGRAM PASCASARJANA PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU HUKUM
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
741.01 Ka P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA