Penerapan Model Mind Mapping Dalam Pembelajaran Mencermati Tokoh Cerpen Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Lasiana

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Mind Mapping Dalam Pembelajaran Mencermati Tokoh Cerpen Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Lasiana

XML

Tujuan penelitian adalah 1) untuk mengetahui proses penerapan model mind mapping dalam pembelajaran mencermati tokoh cerpen pada siswa kelas IV SD Inpres Lasiana Kupang. 2) untuk mengetahui hasil mencermati tokoh cerpen dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Inpres Lasiana Kupang dengan menggunakan model mind mapping. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian penelitian kualitatif. Data penelitian ini merupakan teks cerpen yang digunakan dalam penerapan model mind mapping dalam pembelajaran mencermati tokoh cerpen pada siswa kelas IV SD Inpres Lasiana. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, tes hasil menulis tokoh cerpen. Hasil penelitian Pada hasil tes tahap 1 terdapat 5 orang siswa yang belum mencapai pada perolehan nilai KKM, 10 orang siswa yang mendapatkan nilai pas KKM dan 10 orang siswa lainnya yang mendapatakan nilai yang sangat baik. Pada hasil tes tahap II diketahui bahwa siswa-siswa mendapatkan perolehan nilai dengan sangat memuaskan. Siswa menjadi lebih kreatif dalam hal penerapan model mind mapping, siswa menjadi lebih aktif, serta siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran dikelas. melalui observasi dan tes mencermati tokoh cerpen memberikan dampak yang baik bagi siswa dimana dengan adanya penerapan model pembelajaran mind mapping, pelaksanaan pembelajaran yang akan dilakukan menjadi lebih hidup karena baik peserta didik maupun guru terlibat aktif dalam proses pembelajaran, selain itu siswa dengan kreatifnya dalam membuat sebuah mind mapping cerpen dan guru juga membimbing peserta didik yang mengalami kesulitan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran agar siswa yang dulunya tidak memiliki keberanian dan kurang percaya diri dapat memiliki peningkatan mentalitas untuk menjawab pertanyaan dari guru.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Mind Mapping, Mencermati, Cerpen.


Detail Information

Item Type
Penulis
Siti Ainun Prenje - Personal Name
Student ID
1601140269
Dosen Pembimbing
LABU DJULI - 196207031990031002 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Labu Djuli - 196207031990031002 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1
Dra. Margaritha M. Karus, M.Pd - 196210141990032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Pre P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA