PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA PEMBELAJARAN PPKN TENTANG NILAI KETUHANAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V UPTD SD INPRES OEBUFU

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA PEMBELAJARAN PPKN TENTANG NILAI KETUHANAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V UPTD SD INPRES OEBUFU

XML

Skripsi oleh Olvi Herdiana Tari Nim. 1901140008 dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pembelajaran PPKn Tentang Nilai Ketuhanan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V UPTD SD Inpres Oebufu”. Tujuan penenlitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajarsiswa kelas V dalam pembelajaran PPKn. Dengan Menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran PPKn materi pengertian pancasila dan penerapan nilai ketuhanan dalam sila pertama pancasila di UPTD SD Inpres Oebufu, penelitian ini adalah tindakan kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Pada hasil penelitian ini siklus I hasil observasi guru meunjukkan bahwa guru belum mampu menentukan kelompok dengan baik, guru belum mampu membimbing peserta didik dalam berdiskusi dan guru belum menguasai kelas sehingga prosedur pembelajaran tidak optimal dan telah berjalan secara baik pada siklus II. Kemudian pada hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yakni peserta didik belum aktif untuk diskusi, siswa terlihat bermain dan ada siswa yang mengganggu siswa lain dan siklus II sudah terlihat siswa mulai aktif untuk berdiskusi. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 65,65 dengan persentase ketuntasan sebesar 40% dan pada siklus II sebesar 89,1 dengan persentase ketuntasan sebesar 85%. Berdasarkan data di atas, maka bisa disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran PPKn mampu meningkatkan kemampuan peserta didik.
Kata kunci: Model Jigsaw, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Olvi Herdiana Tari - Personal Name
Student ID
1901140008
Dosen Pembimbing
Maxel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Tar P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA