Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Dalam Pelayanan Administrasi Pembuatan Kartu Keluarga Pada Kantor Kelurahan Kelapa Lima

Detail Cantuman

Jurnal

Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Dalam Pelayanan Administrasi Pembuatan Kartu Keluarga Pada Kantor Kelurahan Kelapa Lima

XML

ABSTRAK
Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, maka yang menjadi rumusan
masalah pada penelitian ini adalah : Bagaimana Tingkat Kepuasan Masyarakat Dalam Pelayanaan
Administrasi Pembuatan Kartu Keluarga Pada Kantor Kelurahan Kelapa Lima? Tujuan Penelitian Berdasarkan
rumusan masalah maka tujuan penelitian ini adalah: Untuk Mengatahui Dan Menaganalisis Seberapa Besar
Tingkat Kepuasan Masyarakat Dalam Pembuatan Kartu Keluarga Pada KantorKelurahan Kelapa Lima.
Pelayanan Publik Menurut Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Nomor 81 Tahun 1993
yang kemudian disempurnakan dengan keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Nomor 63
Tahun 2003 Mendefinisikan Pelayanan Umum sebagai : Segala bentuk pelayanan yang dilaksanakan oleh
instansi Pemerintah di Pusat, di Daerah dan di lingkungan Badan Usaha Milik Negara atau Badan Usaha Milik
Daerah dalam bentuk barang dan atau jasa, baik dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat
maupun dalam rangka pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Salah satu pelayanan terhadap masyarakat adalah pengelolaan pendaftaran penduduk yang merupakan
tanggung jawab pemerintah Kota/Kabupaten, dimana dalam pelaksanaannya diawali dari desa/kelurahan selaku
ujung tombak pendaftaran penduduk, hingga setiap warga terdaftar secara administrasi sebagai warga Negara
Indonesia dan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang
Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan. Satu perubahan besar yang dilakukan melalui
Kartu Keluarga (KK) adalah dokumen kependudukan yang memuat sistem keamanan/pengendalian baik dari
sisi administrasi ataupun teknologi informasi dengan berbasis pada database kependudukan nasional.
Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) menurut Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan
Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2014 Tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap
Penyelenggaraan Pelayanan Publik adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang
diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh
pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan
kebutuhannya. Survei IKM bertujuan untuk mengetahui tingkat kinerja unit pelayanan secara berkala sebagai
bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik selanjutnya.Jenis
penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan Statisktik Deskriptif.
Pendekatan Statistik Deskriptif adalah pendekatan yang berfungsi untuk mendeskripsikan atau memberi
gambaran terhadap objek yang diteliti melalui data sampel atau populasi (Sugiyono : 2007). Berdasarkan hasil
dari Nilai rata-rata Indeks Kepuasan Masyarakat pada pelayanan pembuatan kartu keluarga yang diberikan oleh
Kantor Kelurahan Kelapa Lima berdasarkan jumlah perolehan kuesioner yang di dapat adalah sebesar: 3.0445,
yang selanjutnya dihitung nilai IKM unit pelayanan setelah dikonversi yaitu: Nilai Interval IKM Unit Pelayanan
x Nilai Dasar 25 3.0445 x 25 76,11. Hal ini menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan sudah berjalan baik
dengan nilai interval 3.04 dan nilai konversi IKM 76,11 mutu pelayanan B (baik).
Kata kunci : Pelayanan Administrasi, Kartu Keluarga, Indeks Kepuasan Masyarakat


Detail Information

Item Type
Jurnal
Penulis
Rohmana Novita Sari - Personal Name
Student ID
1903010035
Dosen Pembimbing
Dr.Drs. Melkisedek N.B.C. Neolaka, M.Si - 19620519 198901 1 001 - Dosen Pembimbing 1
Adriana R.Fallo, S.H.,M.Si - 19740306 200912 2 001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Cataryn V. Adam, S.Sos., M.Si - 19680404 200003 2 001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 Sar A
Copyright
Individu Penulis
Doi
0

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA