Upaya Pemberdayaan Masyarakat Melalui Usaha Kerajinan Tangan Kain Smok (Studi Kasus Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Empowering Pemuda Harapan Bangsa Kota Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Upaya Pemberdayaan Masyarakat Melalui Usaha Kerajinan Tangan Kain Smok (Studi Kasus Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Empowering Pemuda Harapan Bangsa Kota Kupang)

XML

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya pemberdayaan masyarakat melalui usaha kerajinan tangan kain smok di PKBM Empowering Pemuda Harapan Bangsa Kota Kupang. Kelompok kerajinan tangan kain smok telah berdiri sejak tahun 2015 hingga saat ini. Upaya pemberdayaan yang dikaji dalam penelitian ini melalui penyadaran, pengkapasitasan dan pendayaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian adalah di PKBM Empowering Pemuda Harapan Bangsa Kota Kupang. Subjek penelitian ini adalah pendamping, ketua dan anggota kelompok. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya pemberdayaan yang dilakukan melalui kerajinan tangan kain smok di PKBM Empowering Pemuda Harapan Bangsa Kota Kupang telah berjalan cukup baik. Dalam tahap penyadaran warga belajar diberikan motivasi melalui kegiatan sosialisasi. Pada tahap pengkapasitasan, warga belajar juga diberikan pelatihan dan demonstrasi. Pada tahap yang terakhir, tahap pendayaan, sekalipun warga belajar masih belum mandiri sepenuhnya namun keuntungan yang diperoleh dari kerajinan tangan kain smok selama ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan keseharian warga belajar.
Kata Kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Kerajinan Tangan Kain Smok, PKBM Empowering Pemuda Harapan Bangsa.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
PANNU RAME - Personal Name
Student ID
1801170064
Dosen Pembimbing
NIRWANING MAKLEAT - 198511032018032001 - Dosen Pembimbing 1
Frans K. Selly - 0809028701 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Nirwaning Makleat - 198511032018032001 - Ketua Penguji
Frans K. Selly - 0809028701 - Penguji 1
Stofiani S. Lima - 1988010220032006 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Luar Sekolah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.05 RAM U
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA