Skripsi
PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MATA PELAJARAN PKN KELAS V SD INPRES RSS OESAPA KOTA KUPANG
XMLSkripsi oleh Hafis Lamabelawa, NIM 1901140134, dengan judul “Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Mata Pelajaran PKN Kelas V SD Inpres RSS Oesapa Kota Kupang”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Signifikan Antara Profesionalisme Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Mata Pelajaran PKN Kelas V SD Inpres RSS Oesapa Kota Kupang. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa dan siswi kelas V, sedangkan sampelnya yaitu siswa dan siswi kelas VA. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa : Kusioner atau Angket, Observasi dan Dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan aplikasi SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukan rata-rata profesionalisme guru yang diambil berdasarkan angket berada pada 4,1, 4,3, dan 4,4 dari aspek 1 sampai aspek 3 dan berada pada kategori cukup bagus. Sedangkan rata-rata motivasi belajar yang diambil berdasarkan angket berada pada 4,3, 4,1, dan 3,7 dari aspek 1 sampai 3 dan berada pada kategori cukup bagus. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat penagruh signifikan antara profesioonalisme guru terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan uji t dapat diketahui bahwa dengan membandingkan nilai Sig (2-tailed) = 0,000 < α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak yang artinya profesionalisme guru tidak mempengaruhi motivasi siswa untuk belajar dan diterima Ha yang artinya profesinalisme guru mempengaruhi motivasi siswa untuk belajar.
Kata Kunci : Profesionalisme Guru, Motivasi Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Hafis Lamabelawa - Personal Name
|
Student ID |
1901140134
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Antonius Suban Hali, S.Si., M.Si. - 19780917 200912 1 004 - Ketua Penguji
Markus Sampe, S.Pd., M.M - - Penguji 1 Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Lam P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |