Penerapan Model Think Talk Write Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Dengan Materi Pengaruh Globalisasi Di Kelas IV SD Inpres Nununafo Kabupaten Timor Tengah Selatan

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Think Talk Write Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Dengan Materi Pengaruh Globalisasi Di Kelas IV SD Inpres Nununafo Kabupaten Timor Tengah Selatan

XML

YUSMINA TAMONOB. NIM 160114232. PENERAPAN MODEL THIN TALK WRITE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) DI KELAS IV SDI NUNUNAFO KAB. TTS T.A 2020//2021
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata
pelajaran PKn. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hsil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write pada pelajaran PKn materi pokok Pengaruh Globalisasi di kelas IV SDI Nununafo T.A 2020/2021. Peneliti ini menggunakan desain PTK (Penelitian Tindakan kelas). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDI Nununafo Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 12 orang siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes dan observasi untuk menilai aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran. Dari pre test yang dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 12 orang siswa terdapat 1 orang yang mendapat nilai tuntas (8,33%) yang mendapat nilai tidak tuntas sebanyak 11 orang siswa (91,67%) dengan nilai rata-rata 54,16. Pada siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write h asil belajar siswa mengalami peningkatan, dimana dari 12 orang siswa yang mendapatkan nilai tuntas sebanyak 9 orang siswa (81,5%) dan 3 orang siswa (18,5%) yang mendapat nilai tidak tuntas dengan nilai rata – rata sebesar 75,83. Pada siklus II sebanyak 11 orang siswa (91,66%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata sebesar 80,83 dan 1 orang siswa(8,33%) yang tidak tuntas, hasil belajar mengalami peningkatan dari yang sebelumnya.

Kata Kunci: Hasil Pembelajaran, Think Talk Write Pendidikan Kewarganegaraan


Detail Information

Item Type
Penulis
Yusmina Tamonob - Personal Name
Student ID
1601140232
Dosen Pembimbing
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Tam P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA