UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DI KELAS XI IPS 1 SMA KRISTEN MANEK TO KUATNANA

Detail Cantuman

Skripsi

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DI KELAS XI IPS 1 SMA KRISTEN MANEK TO KUATNANA

XML

Skripsi tentang upaya meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penggunaan media gambar di kelas XI IPS 1 ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dan prestasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran sejarah khususnya materi tentang Kolonialisme dan Imperealisme Barat di Indonesia dengan penggunaan media gambar. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian ini dilatar belakangi kurangnya penerapan metode pembelajaran yang bervariasi oleh pendidik atau guru sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran dan prestasi belajar yang di peroleh pun kurang memuaskan dalam mata pelajaran sejarah. Dengan penggunaan media gambar dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik serta prestasi belajar peserta didik, peserta didik bekerja sama dengan baik. Dengan adanya penggunaan media gambar dalam pembelajaran ini dapat di ketahui bahwa penelitian tindakan kelas (PTK) yang di lakukan presentase nilai setiap siklus yang di peroleh. Peningkatan hasil belajar 27 peserta didik dapat di lihat sebagai berikut, pada pra siklus yang mencapai nilai KKM terdapat 13 peserta didik dengan presentase (48,14%), sedangkan peserta didik yang nilainya di bawah KKM berjumlah 14 orang (51,85%), kemudian terjadi peningkatan pada siklus I peserta didik yang mencapai nilai KKM terdapat 14 orang dengan presentase (51,85%) sedangkan peserta didik yang nilai nya di bawah KKM berjumlah 13 orang dengan presentase (48,14%) dan kemudian pada siklus II mengalami peningkatan 27 peserta didik yang mencapai nilai KKM dengan presentase (100%). Kemudian observasi aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I meningkat dengan angka 69,44% pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 92,82%. Pengamatan pada kinerja kerja guru juga mengalami peningkatan dari siklus I 62,5% menjadi 85,93% pada siklus II. Dengan demikian kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan penggunaan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran sejarah pada siswa kelas XI SMA Kristen Manek To Kuatnana.
Kata Kunci: Pembelajaran Sejarah, prestasi Belajar, Media Gambar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
IREN S. MAUBANU - Personal Name
Student ID
1901090023
Dosen Pembimbing
Dr. Andreas Ande, M.Si - - Dosen Pembimbing 1
Susilo Setyo Utomo, S.Pd, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Delsy A.Dethan, S.Pd,M.Pd - 198212192014042001 - Ketua Penguji
Dr. Andreas Ande, M.Si - - Penguji 1
Susilo Setyo Utomo, S. Pd, M. Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 Mau. U
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA