Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Matematis Siswa

Detail Cantuman

Skripsi

Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Matematis Siswa

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Etnomatematika dan pengaruhnya terhadap kemampuan matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode review artikel. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu data yang diperoleh dari berbagai jurnal ilmiah yang sesuai dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Etnomatematika berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis, kemampuan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kritis, pemahaman konsep serta hasil belajar siswa. Adapun tahapan dalam pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Etnomatematika terdiri dari: Orientasi peserta didik pada masalah terkait unsur-unsur budaya, mengorganisasi peserta didik, membimbing penyelidikan individu maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya serta menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
Kata kunci: Problem Based Learning, Etnomatematika, Kemampuan Matematis Siswa.


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1401030025
Dosen Pembimbing
WARA SABON DOMINIKUS - 196708041993031003 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Wara Sabon Dominikus - 196708041993031003 - Ketua Penguji
Juliana M H Nenohai - 196407021993032005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Eng M
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA