Skripsi
Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Matematis Siswa
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Etnomatematika dan pengaruhnya terhadap kemampuan matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode review artikel. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu data yang diperoleh dari berbagai jurnal ilmiah yang sesuai dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Etnomatematika berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis, kemampuan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kritis, pemahaman konsep serta hasil belajar siswa. Adapun tahapan dalam pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Etnomatematika terdiri dari: Orientasi peserta didik pada masalah terkait unsur-unsur budaya, mengorganisasi peserta didik, membimbing penyelidikan individu maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya serta menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
Kata kunci: Problem Based Learning, Etnomatematika, Kemampuan Matematis Siswa.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Ferdinandus Meiwyl Boli Enga - Personal Name
|
Student ID |
1401030025
|
Dosen Pembimbing |
WARA SABON DOMINIKUS - 196708041993031003 - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Wara Sabon Dominikus - 196708041993031003 - Ketua Penguji
Juliana M H Nenohai - 196407021993032005 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Eng M
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |