Pengembangan Bahan Ajar Kimia Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Pokok Kimia Unsur Terintegrasi Etnosains Untuk Siswa Kelas XII SMA/MA

Detail Cantuman

Skripsi

Pengembangan Bahan Ajar Kimia Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Pokok Kimia Unsur Terintegrasi Etnosains Untuk Siswa Kelas XII SMA/MA

XML

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui wujud pengembangan bahan ajar kimia berbasis Lectora Inspire pada materi pokok kimia unsure terintegrasi etnosains, (2) mengetahui kelayakan bahan ajar kimia berbasis Lectora Inspire pada materi pokok kimia unsur terintegrasi etnosains. Pegembangan bahan ajar kimia berbasis Lectora Inspire pada materi pokok kimia unsur terintegrasi etnosains yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini dilakukan menggunakan alur atau langkah-langkah model rancangan dari Borg and Gall dengan sedikit penyesuaian. Prosedur yang ditempuh disederhanakan menjadi 4 tahap, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) pengembangan, (3) uji lapangan, (4) diseminasi produk akhir. Uji lapangan terhadap produk bahan ajar kimia berbasis Lectora Inspire pada materi pokok kimia unsur terintegrasi etnosains terdiri dari uji kelompok kecil yang terdiri atas 9 orang mahasiswa semester 3 pendidikan kimia Undana, namun sebelum melakukan uji kelompok kecil, terlebih dahulu dilakukan uji ahli yang dinilai oleh tiga ahli yaitu ahli instrumen, ahli materi dan ahli media. Hasil penilaian ahli instrumen terhadap angket butir-butir indikator penilaian pada angket tersebut sangat baik dengan persentase keidealan 94,28% sedangkan penilaian ahli materi dan ahli media terhadap kelayakan bahan ajar ini memiliki kategori sangat baik dengan persentase keidealan 86,09% untuk ahli materi dan 86,92% untuk ahli media. Hasil penilaian untuk uji coba kelompok kecil 97,25% dan 98,75% untuk uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil penilaian uji ahli dan uji lapangan yang terdiri atas uji kelompok kecil dan uji kelompok besar terhadap bahan ajar kimia berbasis Lectora Inspire pada materi pokok kimia unsur terintegrasi etnosains ini sangat layak digunakan.

Kata Kunci: Pengembangan, Bahan ajar kimia, Lectora Inspire, Kimia Unsur Terintegrasi Etnosains.


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1701060082
Dosen Pembimbing
JOHNSON N NAAT - 198511202008121003 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Lolita Agusta Magdalena Parera - 198008092014042001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Kimia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.04 ATA P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA