Skripsi
Pengembangan Video Pembelajaran dengann Bantuan Software Wondershare Filmora pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi (Redoks) Bagi Siswa SMA/MA
XMLPenelitian ini dengan judul pengembangan video pembelajaran dengan bantuan software wondershare filmora pada materi reaksi reduksi oksidasi (redoks) bagi siswa SMA/MA, bertujuan untuk mengetahui wujud pengembangan video pembelajaran pada materi pokok reaksi reduksi oksidasi (redoks) dengan bantuan software wondershare filmora agar mampu menjadi media yang efektif dalam proses pembelajaran dan untuk mengetahui kelayakannya. Pegembangan video pembelajaran dengan bantuan software wondershare filmora yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini dilakukan mengikuti alur atau langkah-langkah model rancangan dari Dick and Carey dengan sedikit penyesuaian. Prosedur yang ditempuh untuk menghasilkan produk dibagi menjadi 4 tahap, yaitu: (1) menentukan materi yang akan dikembangkan, (2) melaksanakan desain dan pengembangan, (3) memproduksi software (Wondershare Filmora) atau mengemas video pembelajaran, dan (4) melakukan evaluasi formatif dan merevisi produk pengembangan. Evaluasi formatif dan revisi produk terhadap produk video pembelajaran dengan bantuan software wondershare filmora terdiri dari tiga langkah utama yaitu validasi atau uji ahli, uji peer reviewer, dan uji respon siswa. Uji ahli dinilai oleh dua ahli yaitu, ahli materi dan ahli media. Uji peer reviewer dinilai oleh guru kimia SMA, sedangkan uji respon siswa di nilai oleh mahasiswa program studi pendidikan kimia Undana semester tiga yang di kelompokan menjadi uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Hasil penilaian dari ahli materi dan ahli media terhadap kelayakan video pembelajaran ini memiliki kategori sangat baik dengan presentase keidealan keseluruhan masing-masing 84,69% untuk segi materi yang disajikan dan 90,5% untuk segi media yang ditampilkan. Hasil penilaian uji peer reviewer terhadap video pembelajaran ini ialah 80,9% dengan kategori sangat baik. Adapun hasil penilaian uji respon siswa terhadap video pembelajaran ini termasuk kategori sangat baik dengan presentase masing-masing 97,25% untuk uji coba kelompok kecil dan 98,75% untuk uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil penilaian uji ahli, uji peer reviewer dan uji respon siswa pada video pembelajaran dengan bantuan software wondershare filmora pada materi reaksi reduksi oksidasi (redoks) ini layak digunakan.
Kata Kunci: Pengembangan, Video Pembelajaran, Software Wondershare Filmora, Reaksi Reduksi Oksidasi (Redoks)
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Antonius Petrus Pana Lazar - Personal Name
|
Student ID |
1701060058
|
Dosen Pembimbing |
LOLITA AGUSTA MAGDALENA PARERA - 198008092014042001 - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Lolita Agusta Magdalena Parera - 198008092014042001 - Ketua Penguji
Heru Christianto - - Penguji 1 Sudirman - 197008172006041022 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Kimia
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.04 Laz P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |