Skripsi
Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Perilaku Agresif Siswa Di SMP Muhammadiyah Kupang. Fenomenologi: Perilaku Agresif Siswa di SMP Muhammadiyah Kupang
XMLTingkah laku negatif merupakan ciri perkembangan remaja yang normal, remaja yang berkembang akan memperlihatkan perilaku yang positif. Kenyataannya sekarang ini sebagian remaja menunjukan perilaku negative .Salah satu perilaku negative yang ditunjukan remaja adalah perilaku agresif. Dalam mencapai pemuasan atau tujuan yang dapat diarahkan kepada orang atau benda, perbuatan bermusuhan yang dapat diarahkan kepada orang atau benda, sifat atau nafsu yang menyerang sesuatu yang dipandang sebagai hal atau situasi yang mengecewakan, menghalangi atau menghambat. Untuk itu upaya guru BK harus menangani masalah perilaku agresif siswa dengan baik, karena apabila tidak ditangani oleh pihak yang bertanggung jawab, maka akan menjadi masalah yang serius dan berdampak buruk bagi siswa di kemudian hari. Hal ini mendorong peneliti untuk melakukan penelitian dengan judul “Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling dalam Menagatasi Perilaku Agresif Siswa di SMP Muhammadiyah Kupang (Fenomemologi Perilaku Agresif Siswa di SMP Muhammadiyah Kupang)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuii layanan BK dalam mengatasi perilaku agresif siswa di SMP Muhammadiyah Kupang dan upaya mengatasi perilaku agresif siswa di SMP Muhammadiyah Kupang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Kupang. Informan penelitian ini adalah guru Bimbingan Konseling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan teknik pengabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber.
Adapun hasil penelitian yang menunjukkan bahwa guru BK melakukan perencanaan layanan yaitu bekerja sama dengan guru wali kelas ataupun guru mata pelajaran untuk mengumpulkan data mengenai perilaku siswa tentang perkelahian disekolah namun dalam mengumpulkan data guru BK tidak menyebarkan angket dan menyusun program BK.
Guru BK menggali informasi dari para guru untuk mengetahui masalah yang dihadapi oleh siswa awal terjadinya masalah. dikumpulkan oleh guru BK tentang masalah perkelahian akan dijadikan bahan evaluasi untuk menemukan solusi penyelesaian dengan siswa yang bersangkutan dan dipanggil ke ruang BK untuk membangun komunikasi yang baik dan menjalin keakraban antara guru BK dan siswa agar siswa lebih leluasa dan terbuka untuk menceritakan masalah yang terjadi.
Kesimpulan bahwa guru bimbingan dan konseling di SMP Muhammadiyah Kupang cukup maksimal dalam memberikan layanan kepada siswa dalam mengatasi perilaku agresif sehingga perilaku agresif tidak terjadi lagi dikarenakan layanan yang diberikan sangat efektif dan efisien.
Kata Kunci:Upaya Guru BK, Perilaku Agresif.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
SAIDI KAIDIR - Personal Name
|
Student ID |
1701160132
|
Dosen Pembimbing |
MUHAMAD DAE PUA UPA - 196101131986011001 - Dosen Pembimbing 1
PUTU AGUS INDRAWAN - 198909302018031001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Muhamad Dae Pua Upa - 196101131986011001 - Ketua Penguji
Putu Agus Indrawan - 198909302018031001 - Penguji 1 LOLANG MARIA MASI - 198911082019032013 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.01 KAI U
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |