Kolaborasi Antara Pemerintah, Pelaku Usaha Dan Masyarakat Dalam Penanganan Sampah Di Kota Kupang ( Studi Kasus Pada Kelurahan Oesapa )

Detail Cantuman

Skripsi

Kolaborasi Antara Pemerintah, Pelaku Usaha Dan Masyarakat Dalam Penanganan Sampah Di Kota Kupang ( Studi Kasus Pada Kelurahan Oesapa )

XML

Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Oesapa Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang. Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi sejauh mana terjadi Kolaborasi Antara Pemerintah, Pelaku Usaha Dan Masyarakat Dalam Penanganan Sampah Di Kota Kupang Studi Kasus Pada Kelurahan Oesapa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan jumlah informan sebanyak 14 orang dengan teknik penetapan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengumpulan sampah, pengangkutan sampah dan pembuangan sampah belum dilakukan secara optimal oleh masyarakat maupun pelaku usaha sebelum sampah diangkut dari TPS ke TPA. Kurangnya kapasitas Tempat Pembuangan Sementara (TPS) untuk menampung sampah menjadi masalah serius di wilayah Kelurahan Oesapa. Hal ini menunjukan bahwa proses “Kolaborasi penanganan sampah di Kelurahan Oesapa selama ini tidak berjalan secara optimal”. Rekomendasi yang diberikan yaitu, diharapkan Pemerintah Kelurahan Oesapa perlu terus menerus melakukan sosialisasi yang berkelanjutan kepada masyarakat dan pelaku usaha tentang tata cara penanganan sampah yang benar. Mempertimbangkan untuk memperbaiki aksesibilitas ke TPS dengan menambah jumlah TPS, terutama bagi warga yang memiliki TPS terletak jauh dari rumah mereka. Memberikan edukasi lebih lanjut tentang pentingnya pengelolaan sampah yang benar dan dampak negatif dari pembuangan sampah sembarangan. Membuat sistem pemantauan dan evaluasi rutin terkait pengelolaan sampah di Kelurahan Oesapa. Membangun komitmen bersama antara pelaku usaha dan masyarakat melalui kolaborasi efektif sehingga semua pihak harus merasa bertanggung jawab dalam menjaga kebersihan lingkungan dan pengelolaan sampah yang baik. Dengan perbaikan yang terus-menerus dan kerja sama yang kuat antara pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat, Kota Kupang dapat mencapai tujuan kebersihan dan kelestarian lingkungan yang lebih baik.

Kata kunci: Kolaborasi, Pemerintah, Pelaku usaha, Masyarakat, Penanganan sampah, Kelurahan Oesapa, Kota Kupang


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ANGELA RATU LADO - Personal Name
Student ID
1903060006
Dosen Pembimbing
HENDRIK TODA - 198312042009121005 - Dosen Pembimbing 1
ALFRED OMRI ENA MAU - 198104272006041002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Hendrik Toda - 198312042009121005 - Ketua Penguji
Alfred O. Ena Mau - 198104272006041002 - Penguji 1
Theny I. B. Kurniati Pah - 19900405 201903 2 030 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 LAD K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA