Desain Pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Matematika Realistik Konteks Permainanan Tradisional Congklak di SD Inpres Nunbaun Delha

Detail Cantuman

Skripsi

Desain Pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Matematika Realistik Konteks Permainanan Tradisional Congklak di SD Inpres Nunbaun Delha

XML

ABSTRAK
Desain Pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Matematika Realistik Konteks Permainan Tradisional Congklak di SD Inpres Nunbaun Delha.
Chindy Novelin Lantakay (1801030051), Pembimbing I, Dr. Damianus Dao Samo, M.Pd; Pembimbing II, Irna K. S. Blegur, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat menggunakan matematika realistik konteks permainan tradisional congklak di SD Inpres Nunbaun Delha.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain research yang mana metode ini difokuskan pada pengembangan desain pembelajaran dalam bentuk hypothetical learning trajectory. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang melibatkan 6 orang siswa pada siklus pilot experiment dan 24 orang siswa pada siklus teaching experiment. Penelitian ini dilakukan di SD Inpres Nunbaun Delha. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan secara kualitatif.
Penelitian ini menghasilkan suatu desain pembelajaran melalui pendekatan PMRI yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran terkait penjumlahaan dan pengurangan bilanagn bulat di SD Inpres Nunbaun Delha kelas VI. Desain pembelajaran yang dihasilkan terdiri atas 7 aktivitas dimana pendekatan PMRI menjadi acuan utama dalam setiap aktivitas yang ada. Konteks yang digunakan pada penelitian ini adalah permainan tradisonal congklak. Siswa diminta bermain permainan tradisional congklak, setelah itu, siswa mengamati proses bermain permainan tradisional congklak, Siswa diberikan congklak yang telah dimodifikasi cara bermainnya, siswa menyelesaikan soal dengan bermain congklak yang telah dimodifikasi cara bermainnya. Selanjutnya siswa menggambar bulatan untuk menyelesaikan soal penjumlahaan dan pengurangan bilangan bulat. Setelah itu, siswa menyelesaikan soal tanpa menggunakan congklak maupun gambar bulatan dan diakhiri dengan siswa menyimpulkan konsep penjumlahaan dan pengurangan bilangan bulat.
Kata kunci: desain pembelajaran, PMRI, penjumlahaan dan pengurangan bilangan bulat.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Chindy Novelin Lantakay - Personal Name
Student ID
1801030051
Dosen Pembimbing
Damianus Dao Samo, - 198312312012121003 - Dosen Pembimbing 1
Irna Karlina Sensiana Blegur - 19931204 202012 2 015 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yohanes Hariaman Nada - - Ketua Penguji
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Penguji 1
Irna Karlina Sensiana Blegur - 19931204 202012 2 015 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Lan D
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA