Skripsi
Analisis Pemasaran Bawang Merah Pada Kelompok Tani Fajar Pagi Di Kelurahan Oesao Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang
XMLKeuntungan usahatani bawang merah tidak hanya ditentukan oleh produksi akan tetapi juga pada pola saluran pemasaran yang digunakan petani.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi pemasaran, saluran pemasaran, biaya pemasaran, farmer share, dan tingkat efisiensi pemasaran. Data penelitian diperoleh dengan melakukan wawancara terhadap 20 petani responden dan 17 pedagang. Metode penelitian menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif menggunakan persamaan yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat dua saluran pemasaran bawang merah, yaitusaluran pemasaran I meliput petani – pedagang pengecer Pasar Kota Kupang – konsumen dan saluran pemasaran II meliputi petani – pedagang pengumpul – pengecer Soe – konsumen.Total margin pada saluran pemasaran I adalah Rp. 2.000/kg. farmer sharenya sebesar 2,27%. Saluran pemasaran II total margin pemasaran sebesar Rp. 6.000/kg, dan farmer sharenya 38,33% Saluran pemasaran yang paling efisen adalah saluran pemasaran I dengan nilai EP 12,50%.
Kata Kunci: Bawang Merah, Efisiensi pemasaran, Farmer Share
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
PUTRI JOFRITIARA TUDUA - Personal Name
|
Student ID |
1804020077
|
Dosen Pembimbing |
MARIA BANO - 19610815 198901 2 001 - Dosen Pembimbing 1
Santhy Chamdra - 8831080018 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
MARIA BANO - 19610815 198901 2 001 - Ketua Penguji
Santhy Chamdra, - 8831080018 - Penguji 1 Doppy Roy Nendissa - 196303051988031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
54201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Pertanian
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
542.01 TUD A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |