Penerapan E-Government Dalam Pelayanan Publik di Kabupaten Sikka (Studi Kasus Pengelolaan Website Oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sikka)

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan E-Government Dalam Pelayanan Publik di Kabupaten Sikka (Studi Kasus Pengelolaan Website Oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sikka)

XML

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang terjadi sedemikian pesatnya melahirkan sebuah bentuk mekanisme birokrasi pemerintahan yang baru, yang diistilahkan sebagai Electronic Government. E-Government adalah bentuk layanan pemerintah dengan penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk memberikan pelayanan publik dengan lebih nyaman, menyediakan informasi publik secara luas, serta menjadikan penyelenggaraan pemerintahan lebih bertanggung jawab, dan akuntabel juga transparan terhadap masyarakat. Penerapan e-Government telah banyak diterapkan di Indonesia salah satunya di Kabupaten Sikka Provinsi Nusa Tenggara Timur yang dilaksanakan melalui pengelolaan website oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sikka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana penerapan e-Government dalam pelayanan publik di Kabupaten Sikka melalui pengelolaan website oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sikka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis data menggunakan hasil kajian Harvard JFK School of Government (dalam Indrajit, 2006:13) bahwa terdapat tiga elemen sukses penerapan e-Government yaitu elemen Support, Capacity dan Value. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan e-Government dalam pelayanan publik di Kabupaten Sikka melalui pengelolaan website oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sikka belum berjalan dengan baik dan belum sukses dilaksanakan. Hal ini dapat dilihat dari beberapa persoalan yang ditemukan yaitu tidak adanya aturan atau kebijakan pendukung dalam pengelolaan website, keberadaan website tidak disosialisasikan kepada masyarakat, ketersediaan anggaran yang belum mencukupi, ketersediaan infrastruktur TIK yang belum mendukung pengelolaan website, serta manfaat yang dirasakan masyarakat dengan adanya website masih kurang. Oleh karena itu, diperlukan kerja sama antar berbagai stakeholder dalam penerapan e-Government melalui pengelolaan website sebagai media pelayanan informasi publik.

Kata Kunci: Electronic Government, Pelayanan Publik, Website


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MARTILDE RENSIANA - Personal Name
Student ID
1903010009
Dosen Pembimbing
JACOBA DAUD NIGA - 196004061987022001 - Dosen Pembimbing 1
ALFRED OMRI ENA MAU - 198104272006041002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dra. Jacoba Daud Niga, M.Si - 19600406 197802 2 001 - Ketua Penguji
Alfred O. Ena Mau - 198104272006041002 - Penguji 1
Dr. Hendrik Toda, S.Sos. M.Si - 19831204 200912 1 005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 REN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA